Sukses

Layanan Diskon Tarif Kereta Api Kini Bisa Lewat Aplikasi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan untuk pelayanan tarif reduksi bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access

Liputan6.com, Jakarta Untuk memudahkan penumpang yang berhak mendapatkan tiket kereta api dengan tarif reduksi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan fitur baru pada KAI Access. Pelayanan tiket dengan Tarif Reduksi dapat dilakukan via aplikasi KAI Access untuk perjalanan mulai 1 September 2019.

"Layanan ini kami berikan untuk memudahkan para calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket dengan tarif reduksi," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangannya, Minggu (1/9/2019).

Edi menambahkan, melalui layanan ini penumpang seperti Lansia, TNI/Polri, Veteran, dan Wartawan tidak perlu repot-repot antre di loket untuk membeli tiket dengan tarif reduksi.

Untuk mendapatkan layanan pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access, penumpang harus melakukan update KAI Access menjadi versi terbaru.

Pilih jadwal kereta yang Anda inginkan, lalu saat memasukan data penumpang, pastikan Nomor Identitas Anda sesuai dengan data yang telah Anda daftarkan hak reduksinya di Customer Service atau Loket Stasiun.

Jika sudah terdaftar, maka akan muncul tombol cek reduksi. Klik dan pilih reduksi yang akan Anda gunakan. Jika sudah, maka Anda akan mendapatkan potongan harga tiket sesuai dengan hak reduksi Anda. Pada saat hari keberangkatan, pastikan Anda menunjukkan bukti identitas asli sesuai dengan hak reduksi Anda kepada petugas Boarding.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Batawan Waktu

VP Public Relations KAI Edy Kuswoyo menekankan bahwa tidak benar informasi yang beredar terkait pembatasan waktu registrasi tarif reduksi. Registrasi tarif reduksi dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan jam operasional masing-masing stasiun.

"Penumpang tidak perlu terburu-buru melakukan registrasi, karena KAI tidak menerapkan batas waktu untuk registrasi tarif reduksi. Kami harap masyarakat waspada akan informasi yang mengatasnamakan KAI" ujar Edy.

Fitur pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access ini melanjutkan inovasi yang sebelumnya telah diluncurkan seperti e-boarding pass, pembatalan tiket, perubahan jadwal, serta pembelian tiket KA Lokal.

"Berbagai inovasi terus KAI berikan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Cukup buka aplikasi KAI Access dan nikmati seluruh kemudahannya," tutup Edy.

3 dari 3 halaman

Mulai 1 September, Pesan Tiket KA Lokal Kini Lewat KAI Access

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memberlakukan kebijakan baru perihal pelayanan reservasi tiket KA Lokal. Mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. 

Penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show (mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan) apabila tempat duduk masih tersedia.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan pelayanan reservasi KA Lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. 

"Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, total ada 46 perjalanan KA lokal atau KA Komuter PSO (subsidi) dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya," tutur Suprapto, Jumat (23/8/2019). 

Untuk melakukan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru. Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA. 

"Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun, melainkan cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding," kata Suprapto.

Kebijakan ini merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA dan mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih mengenal dengan aplikasi layanan online tiket KA. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.