Sukses

Cegah Kebakaran, PLN Ajak Warga Amankan Infastruktur Kelistrikan

Komunitas pemantau‎ listrik dan jumantrik bertugas melaporkan terkait masalah kelistrikan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Unit Induk Ditribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengandeng masyarakat untuk meningkatkan pengawasan infastruktur dan instalasi kelistrikan di kawasan hunian. Hal ini untuk meminimalisir bahaya listrik yang memicu kebakaran.

Direktur PLN Bisnis Regional Jawa Bagian Barat ‎Haryanto WS mengatakan, PLN memiliki keterbatasan menjangkau instalasi kelistrikan yang ada di pemukiman masyarakat. Oleh sebab itu perlu melibatkan masyarakat untuk melakukan pengawasan dengan membentuk komunitas peduli listrik dan juru pemantau listrik (jumantrik).

"Kami tahu bahwa tangan dan kemampuan PLN mengawasi dan mengotrol jaringan terbatas, dalam konsep ini kami minta bantuan masyarakat,"‎ kata Haryanto, di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

General Manager PLN Disjaya M Ikhsan Asaad mengungkapkan, komunitas pemantau‎ listrik dan jumantrik bertugas melaporkan terkait masalah kelistrikan termasuk instalasi yang ada di pemukiman masyarakat. "Misal ada instalasi kurang baik, kabel-kabel PLN yang jatuh misalkan," paparnya.

Dengan adanya laporan tersebut PLN bisa dengan cepat melakukan penanganan, selain itu juga dapat meminimalisir bahaya yang diakibatkan oleh arus listrik seperti hubungan arus pendek listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diperluas

Program komunitas peduli listrik dan jumantrik baru ‎diluncurkan PLN Disjaya pada Jumat (30/8/2019) di kawasan Jakarta Selatan, harapnya akan diperluas ke seluruh wilayah Jakarta.

"Ini baru launching, nanti kita lihat apa satu RW atau keluruhan, nanti akan ada diklat supaya lebih memahami peran sebagai jumantrik," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.