Tips Habiskan Akhir Pekan Agar Tak Terjebak Sunday Scaries

Oleh Liputan6.com pada 06 Sep 2019, 20:00 WIB
[Bintang] 5 Masalah yang Dihadapi Wanita Usai Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya hari Minggu merupakan hari untuk bersantai dan menyenangkan. Tetapi banyak dari para pekerja yang justru merasa akhir pekan adalah hal yang membawa ketakutan. Hal tersebut sering juga disebut dengan "Sunday Scaries".

Banyak orang, -kebanyakan pekerja-, merasa cemas pada Minggu dan menuju hari Senin. Alasannya, hari itu mereka harus memulai aktivitas kembali yang penuh dengan rutinitas dan juga kembali ke target-target.

Jika Anda meras seperti itu, dikutip dari Forbes, Jumat (6/9/2019), berikut tips untuk menghilangkan Sunday Scaries:

1. Jangan biarkan pekerjaan menumpuk

Meninggalkan pekerjaan memang hal yang menggoda. Tapi ketika meninggalkan pekerjaan di hari Jumat sore, tidak membuat Anda menjadi tenang ketika menghadapi akhir minggu.

Ketimbang memikirkan pekerjaan yang belum selesai, lebih baik menghabiskan waktu Jumat sampai malam agar tidak terbebani dengan pekerjaan saat liburan.

Melepaskan tekanan yang tercipta di hari Senin sampai dengan Jumat sangat penting sehingga Anda memang harus menggunakan akhir pekan dengan bijak untuk terhindar dari Sunday Scaries.

 

2 of 4

2. Membuat pilihan

kerja keras bagai kuda 1
Ilustrasi./Copyright pexels.com

Suasana di hari Minggu adalah hal yang harus Anda tentukan. Ingin menjadi hari Minggu yang menyenangkan atau menjadi Sunday Scaries. Anda tidak perlu memikirkan apa yang akan terjadi di hari Senin. Memikirkannya hanya akan membuat Anda takut dan khawatir.

Isi hari dengan kegiatan yang benar-benar akan membuat Anda bahagia untuk memulihkan kelelahan di minggu sebelumnya. Bisa diisi dengan kegiatan makan-makan dengan teman atau keluarga. Hal itu cukup untuk membawa Anda dalam pikiran yang positif dan semangat untuk esok hari.

 

3 of 4

3. Pahami gejala Sunday Scaries

pekerjaan infp
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@mentatdgt-330508

Jika ketakutan Anda pada hari Senin cukup embuat Anda tergganggu, seperti insomnia, kelelahan, atau kondisi psikis lainnya, bisa aja itu menandakan depresi. Sebaiknya hubungi dokter dan bicarakan secara terbuka.

Jangan mengabaikan tanda-tanda yang menunjukkan depresi. Carilah pekerjaan yang membuat Anda baik untuk kesehatan fisik dan psikis. Pindah dari pekerjaan memang keputusan sulit, tetapi pada akhirnya itu akan membawa perubahan positif.

Reporter: Chrismonica

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Lanjutkan Membaca ↓