Sukses

Pengelola Gedung Harus Pahami Hal Ini Sebelum Pasang Signage

Pemilik gedung atau bangunan baru untuk menyerahkan pekerjaan signage kepada perusahaan signage yang berpengalaman.

Liputan6.com, Jakarta - Signage merupakan bagian yang sangat penting dari suatu gedung tetapi sering di lupakan. Tidak ada satupun gedung atau fasilitas publik yang tidak membutuhkan Signage.

Oleh karena itu, praktisi signage menyarankan kepada para pemilik gedung atau bangunan baru untuk menyerahkan pekerjaan signage kepada perusahaan signage yang mampu mengerjakannya secara total solution, mulai dari tahap perancangan, pembuatan hingga pemasangan (design and build package), agar proyek dapat berjalan lancar sehingga menghemat waktu dan biaya proyek.

 

“Sesuai prosedural, biasanya pekerjaan signage dimulai dari design yg biasanya dikerjakan oleh seorang designer. Tetapi, signage itu lebih dari hanya tampilan yang bagus di kertas, dia harus mengerti jenis-jenis material, ukuran yang pas, lokasi pemasangan yang tepat dan tehnik pekerjaan sampai teknik pemasangan yang sesuai dengan kondisi lapangan. Oleh karena itu, jika menggunakan jasa perusahaan signage yang total solution, pengerjaan di satu pintu, tidak terpisah-pisah, ini lebih efisien dan efektif,” ungkap Praktisi Signage dari City-Ad Expo, Treeswenda Mulyana di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Biasanya lagi, kata Treeswenda, pemilik gedung menggunakan jasa konsultan design yang sama sewaktu mereka mendesign logo dan kartu nama. Ini akan terkesan effisien. Tetapi, mendesign signage itu lebih rumit karena tidak ada satu panduan atau resep yang bisa digunakan untuk semua proyek.

Setiap proyek akan selalu berbeda, dari sisi design, ukuran dan lokasi pemasangan. Jadi untuk menghasilkan signage yang cocok dengan kondisi lapangan seorang designer harus terus mengikuti pembangunan proyek sampai selesai karena perubahan-perubahan design di lapangan sangat sering dan wajar terjadi.

Contoh dalam desain dibuat warna gelap lalu warna dinding atau background di lapangan juga ternyata ada perubahan menjadi gelap, sehingga signage tidak dapat terbaca dan terpaksa harus dibuat ulang lagi. Hal ini akan menimbulkan delay pada jadwal peresmian gedung serta membuang waktu dan biaya untuk revisi dan pembuatan ulang signage.

"Sebagai praktisi signage dan eksekutor di lapangan, City-Ad Expo kerap kali mengalami hal tersebut sehingga menyebabkan pekerjaan signage menjadi lama dan pembuatan ulang signage baru dapat kami kerjakan kembali setelah dilakukan revisi design oleh pihak bersangkutan,” sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi Penting Signage

Dikatakan, PT City-Ad Expo Indonesia memiliki tim komplit dari design, produksi dan instalasi yang berpengalaman untuk memastikan hasil yang sesuai, tepat waktu. Dan juga didukung oleh mesin berteknologi tinggi yang terbaru dan berkualitas.

“Semua proyek kita ikuti pembangunannya sejak awal sehingga koordinasinya sudah mudah dan jelas. Untuk memastikan tidak ada nya kesalahan, sebelum membuat signage secara mass production kita akan selalu buatkan sampel yang akan kita pasang langsung di lokasi. Jadi, jika ada ketidaksesuaian dari segala sisi warna, ukuran, maupun kondisi lapangan, pemilik gedung akan langsung tahu dan dapat langsung melakukan revisi sesuai keinginan tanpa harus melibatkan pihak lain. Ini akan sangat menghemat waktu, dan proyek akan berjalan tanpa ada penundaan yang seringkali terjadi jika ada beberapa pihak yang menangani signage,” jelasnya.

Pentingnya signage bisa dilihat penggunaannya. Contohnya, untuk hotel dan office tower, sebuah skema, desain dan penempatan signage dengan gaya yang konsisten akan membantu membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan aman dan menemukan lokasi dengan cepat.

"Dan signage yang baik bukan hanya membantu menginformasikan, tetapi juga membantu mengkomunikasikan image dan merek pertusahaan itu sendiri," kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.