Mau Untung saat Liburan? Begini Caranya

Oleh Fitriana Monica Sari pada 01 Sep 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi belanja

Liputan6.com, Jakarta - Liburan identik dengan aktivitas bersenang-senang dan menikmati waktu dengan sesantai mungkin. Semua ini jelas membutuhkan bujet yang tak sedikit, apalagi jika destinasi liburan ke luar negeri.

Tiket pesawat, hotel, kuliner, dan berbagai hal lainnya selama liburan tentu bisa menguras dompet selama berlibur di negeri orang. Daripada hanya menghabiskan uang saja, tak ada salahnya berlibur sambil mendapatkan keuntungan juga.

Selain menghemat biaya, Anda juga bisa menikmati kesenangan berbelanja berbagai barang di negeri orang.  Jika Anda ingin menikmati liburan sambil mendapatkan uang, membuka jasa titip (jastip) akan menjadi pilihan tepat.

Anda bisa menerima titipan untuk membeli berbagai barang dari negara tujuan liburan dan mendapatkan sejumlah uang jasa dari orang-orang yang menitip. Hal ini tidak akan merepotkan, selama Anda bisa mengatur waktu dengan baik dan memanfaatkan gadget untuk menemukan berbagai barang titipan tersebut dengan lebih mudah.

Agar bisnis jastip berjalan lancar, pastikan Anda punya cara yang tepat untuk mengatur segala sesuatunya dengan baik sejak awal. Jadi, lakukan ini agar liburan Anda menghasilkan uang dan menguntungkan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lakukan Promosi Sebelum Berangkat

Langkah promosi perlu dilakukan sebelum berangkat, agar teman atau orang lain mengetahui dengan jelas ke mana saja tujuan perjalanan Andan nanti. Sampaikan juga kapan tanggal keberangkatan dan kembali pulang, sehingga mereka tahu kapan tepatnya barang pesanannya bisa sampai di tangan mereka.

Anda bisa menyampaikan semua informasi ini melalui media sosial atau bahkan grup WhatsApp, sehingga orang lain juga bisa dengan mudah menghubungi Anda nantinya. 

2 of 4

2. Minta Pembayaran di Muka

banner infografis gaji pns dki
Ilustrasi Gaji

Jangan membeli barang titipan dengan uang sendiri, karena bisa membuat Anda kehabisan uang selama berlibur nanti, apalagi jika titipan yang harus dibeli harganya mahal. Selain itu, membeli dengan uang sendiri juga sangat berisiko dan bisa membuat rugi, jika sewaktu-waktu pemesan tidak mengambil/menerima barang yang sudah mereka pesan.

Meski yang menitip adalah teman atau saudara, pastikan Anda meminta pembayaran di muka, agar berbagai masalah di kemudian hari bisa dihindari. Setidaknya mintalah mereka membayar 50 persen dari nilai barang yang dititip, atau bahkan akan jauh lebih baik jika mereka mau membayar penuh di depan. 

3. Informasikan Jenis Barang yang Bisa Dibeli

Setiap orang mungkin saja akan memesan barang yang berbeda atau bahkan berbagai jenis produk sekaligus. Namun Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan untuk membeli dan membawa barang-barang tersebut.

Jangan sampai liburan jadi berantakan, hanya karena Anda terlalu sibuk membeli berbagai titipan. Aturlah jumlah dan jenis titipan yang bisa Anda terima selama berlibur nanti. 

Selain itu, barang dengan ukuran besar juga akan merepotkan, bahkan bisa saja membuat Anda harus membayar bagasi tambahan di pesawat. Beberapa jenis barang juga bisa saja membutuhkan bea masuk, dan Anda perlu mengetahui berbagai aturan terkait dengan hal tersebut.

Penting untuk menginformasikan jenis barang apa saja yang bisa Anda beli dan bawa, sehingga perjalanan liburan tetap bisa berjalan dengan nyaman, lancar, dan menyenangkan tentunya. 

3 of 4

4. Tentukan Berapa Biaya Jastip

[Bintang] Jangan lagi minta oleh-oleh setelah kamu tahu alasan ini
Ilustrasi belanja | Via: 10best.com

Tujuan Anda menerima jastip tentu untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Namun Anda juga tetap harus memiliki perhitungan masuk akal terkait dengan jumlah keuntungan ini.

Biaya yang terlalu tinggi tentu akan membebani mereka yang ingin titip beli dan bisa saja membuat mereka malas untuk menitip barang pada Anda. Namun jika terlalu murah, bisa saja Anda tidak mendapatkan apa-apa dan hanya capek saja. 

Tentukan jumlah biaya yang tepat dan sesuai dengan harga barang yang dibeli, agar Anda dapat untung dan yang menitip juga tidak merasa berat untuk membayarnya. Pastikan Anda memperhitungkan jumlah biaya ini dengan baik sejak awal dan menginformasikannya kepada mereka.

5. Cari Informasi yang Akurat 

Bukan setelah tiba di negara tujuan Anda, berbagai informasi tentang tempat belanja yang bisa Anda kunjungi untuk membeli berbagai barang titipan ini harus dicari sejak awal. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan informasi yang akurat, termasuk tempat belanja paling murah di negara tujuan nanti.

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk mengatur waktu liburan selama berada di sana, termasuk memilih waktu terbaik untuk membeli berbagai barang-barang titipan ini.

Nikmati Liburan Sambil Dapat Uang

Berlibur dan mendapatkan uang dalam waktu bersamaan, Anda bisa menerima jastip dari teman-teman, saudara, dan orang lain. Hal ini tidak akan merepotkan, apalagi jika Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sejak awal.

Cari informasi secara akurat terkait berbagai barang titipan yang akan dibeli, sehingga Anda bisa mengatur waktu liburan dengan baik dan membeli semua barang tersebut sesuai dengan pesanan.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓