Sukses

Perusahaan Malaysia Produksi Ulang Pendingin Kereta Teknologi INKA

unit Air conditioning (AC ) dari INKA akan diproduksi ulang di Malaysia dengan merek 'DINGIN-INKA AC'.

Liputan6.com, Jakarta - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA melakukan perjanjian kerja sama dengan perusahaan asal Malaysia yakni Perencana Dingin SDN BHD. Kerja sama antara dua perusahaan ini mengambil inisiatif memperoleh lisensi unit Air conditioning (AC ) dari INKA yang akan di produksi ulang di Malaysia dengan merek 'DINGIN-INKA AC'.

Presiden Direktur INKA, Budi Noviantoro mengatakan, adanya kerja sama ini menunjukan bahwa perusahaan maupun negara berkomitmen untuk percepatan pengembangan bisnis yang menguntungkan industri kereta api di kawasan Asia Tenggara. Di mana, Indonesia dan Malaysia sendiri sedang gencar dalam membagun infrastruktur berbasis rel.

"Intinya kami bekerja sama untuk masuk pasar ASEAN bersama-sama dengan Perencana dingin gitu kira-kira. Jadi ada tahapan. Karena memang INKA ini sudah memiliki pabrik aset di sana ke depan seperti itu. Kalalu buat di sini pasti kalau ngirim ada cost, kalau nanti buat di sana kenapa tidak untuk masuk pasar ASEAN. Jadi nanti kita sama-sama untuk produksi barang di sana," kata Dia saat ditemui di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Sementara itu, Direktur Bisnis Perencana Dingin SDN BHD, Azwan Omar menyampaikan kesepakatan lisensi ini adalah yang pertama kalinya bagi kedua negara ini. Hal ini juga menunjukkan komitmen perusahaan dan INKA pada industri kereta api.

"Melalui penandatanganan kesepakatan ini, Perencana Dingin akan mendirikan pusat manufaktur pertama di Malaysia untuk unit pendingin Rolling Stock," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tonggak Sejarah

Dia menambahkan, selama ini kedua negara juga telah lama mengoperasikan kereta api, baik di dalam kota dan antar propinsi. Oleh karenanya bertukar informasi mengenai pengalaman membangun, mengoperasikan dan memelihara sistem perkeretaapian akan sangat bernilai bagi kedua negara.

"Melalui kolaborasi dari PT INKA dan Perencana Dingin SDN BHD ini adalah tonggak bersejarah dari kedua belah negara sebagai langkah kami memajukan industry perkeretapian. Melalui kerjasama ini diaharapkan akan semakin banyak terjalinnya kolaborasi lainnya yang akan menguntungkan kedua negara," pungkasnya.

Sebagai informasi, Perencana Dingin SDN BHD adalah perusahaan Malaysia yang fokus pada penyediaan unit pendingin rolling stock. Layanan ini meliputi manufaktur, perawatan, perbaikan, dan penyimpanan. Sementara itu, PT INKA sendiri adalah perusahaan pertama yang memproduksi pendingin rolling stock secara terintegrasi di Asia Tenggara.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini