10 Ras Anjing Termahal di Dunia

Oleh Liputan6.com pada 27 Agu 2019, 18:00 WIB
German Shepherd, salah satu jenis anjing yang masuk dalam daftar K-9

Liputan6.com, Jakarta - Anjing merupakan sahabat manusia. Selain itu, hewan ini juga dianggap paling setia untuk menemani manusia. 

Jika Anda memiliki rencana untuk mempunyai anjing, ada baiknya Anda riset terlebih dahulu untuk mencari tahu harga dan jenis anjing yang Anda inginkan.

Beberapa anjing di bawah ini merupakan anjing yang paling mahal. Bukan hanya dari segi pembelian, melainkan juga dari biaya perawatan dan pengobatan.

Dikutip dari topexpensive, Selasa (27/8/2019), berikut ini daftar anjing termahal di dunia:

1. Kerry Blue Terrier

Anjing ini dihargai USD 600 atau Rp 8,5 juta (1 USD = Rp 14.256). Selain harga yang terbilang mahal, perawatan anjing ini juga tidak kalah mahalnya yaitu mencapai USD 7.000 atau Rp 99 juta selama hidupnya. Jika dirawat dengan baik, mereka dapat hidup selama 15 tahun.

2. Great Dane

Anjing berukuran besar ini dihargai rata-rata sebesar Rp 11,4 juta. Great Dane diakui sebagai anjing yang sering memiliki masalah kesehatan seperti kardiomiopati. Meskipun sudah dirawat dengan baik, mereka hanya dapat hidup selama 7 hingga 10 tahun. Serta biaya perawatannya mencapai Rp 101 juta sepanjang hidup.

3. German Shepherd

Mereka dikenal sebagai anjing dengan kepintarannya dalam menggembala domba. Harga pembelian dapat mencapai Rp 11,4 juta dan dapat hidup selama 13 tahun. Biaya perawatan German Shepherd dapat mencapai Rp 292 juta selama hidupnya. Perawatan kesehatannya menjadi sangat mahal karena perawatan umum seperti hip dysplasia dan fistula perianal.

4. Chow Chow

Anjing yang dipenuhi dengan bulu tebal bagai singa ini dihargai sebesar Rp 12,8 juta. Dengan biaya perawatan awal rata-rata Rp 1,2 juta dan seiring bertumbuhnya Chow Chow, harga perawatan melonjak menjadi Rp 156 juta sepanjang hidup.

Anjing-Anjing Lucu Tampil di Westminster Dog Show 2018
Dua anjing Chow Chow bertemu dalam kompetisi Westminster Kennel Club 142nd Annual Dog Show di New York, Amerika Serikat, Senin (12/2). (AFP PHOTO/TIMOTHY A. CLARY)

5. Bernese Mountain Dog

Harga pembelian untuk anjing ini sebesar Rp 11,4 juta. Sama dengan Great Dane, anjing ini kerap memiliki masalah kesehatan yaitu gangguan pada siku dan displasia pinggul yang akan menelan biaya pengobatan sebesar Rp 92 juta sepanjang hidup. 

6. Samoyed

Anjing Samoyed merupakan anjing langka dengan harga beli sebesar Rp 17 juta. Anjing dengan bulu putih yang halus ini diberi harapan hidup sekitar 12 hingga 14 tahun. Sama dengan anjing sebelumnya mereka rentan terhadap masalah kesehatan seperti distrofi kornea dan autoimun. Hal tersebut membuat biaya perawatan kesehatan menjadi mahal dengan menelan hingga Rp 68 juta sepanjang hidup.

7. Golden Retriever

Golden Retriever dikenal sebagai anjing keluarga dan dihargai sebesar Rp 14 juta. Setiap perawatan anjing Golden dapat mencapai Rp 797 ribu karena perawatan bulunya yang berwarna emas. Selain itu biaya medisnya sebesar Rp 249 juta sepanjang hidup.

6 Potret Dua Anjing yang Selalu Bersama Ini Bikin Haru
Anjing Golden Retriever (Sumber: Boredpanda)

8. Lakeland Terrier

Jenis anjing ini butuh perhatian yang tinggi dengan perawatan kesehatan mencapai Rp 14 juta. Setiap kunjungan perawatan dihargai sebesar Rp 926 ribu. Harga pembelian mencapai Rp 17 juta. Lakeland Terrier dikabarkan membutuhkan perawatan rutin mingguan.

9. Rottweiler

Rottweiler merupakan anjing besar hitam dengan harga pembelian sebesar Rp 17 juta. Harapan hidup sekitar 8 hingga 10 tahun. Rottweiler dikenal dengan sifatnya yang ganas dan berbahaya jika tidak dilatih dengan benar. Biaya perawatan seharga Rp 111 juta sepanjang hidup.

10. Alaskan Malamute

Anjing dikenal mirip serigala ini seharga Rp 17 juta. Dengan perawatan mencapai Rp 109 juta sepanjang hidup. Alaskan Malamute memiliki resiko tinggi terkena diabetes dengan begitu dibutuhkan perawatan dan pengobatan setiap hari. Sehingga membutuhkan perawatan rutin dengan biaya Rp 1,2 juta setiap kunjungan.

Reporter: Chrismonica