Sukses

Tingkatkan Layanan Gerai, Hero Kucurkan Rp 500 Miliar

Saat ini Hero Group tengah melaksanakan transformasi multi tahun untuk meningkatkan kinerja jangka panjangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Hero Group mengucurkan investasi hingga Rp 500 miliar pada tahun ini. Investasi tersebut digunakan untuk menghadirkan gerai yang lebih baik, dengan ruang usaha ritel yang lebih relevan.

Direktur PT Hero Supermarket, Hadrianus Wahyu Trikusumo mengatakan, saat ini Hero Group tengah melaksanakan transformasi multi tahun untuk meningkatkan kinerja jangka panjangnya. Berbagai pembaruan dan revitalisasi dilakukan guna menghadapi tantangan yang dihadapi oleh perubahan tren belanja pelanggan.

"Kami menyadari permintaan dan pola belanja pelanggan akan selalu berubah dan sebagaikomitmen untuk selalu mengutamakan pelanggan, kami terus melakukan berbagai upaya inovatifdan memberikan semangat baru pada penawaran-penawaran yang kami berikan," ungkapnya di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Pada tahun ini, Hero menargetkan berinvestasi lebih dari Rp 500 Miliar. Selain untuk meningkatkan layanan gerainya, investasi ini mencakup juga peningkatan penawaran produk di setiap lini bisnis serta standar pelayanan untuk masyarakat Indonesia.

Hero berkomitmen kuat untuk tetap menjadi peritel kompetitif yang tangguh di setiap unit bisnis yang kami miliki. Semangat kami untuk tetap hadir ditengah masyarakat Indonesia,” kata Hadrianus.

Menurut Hadrianus, di ulang tahun ke-48, Hero Supermarket terus melakukan inovasi dan peningkatan layanan agar mampu terus bersaing di sektor ritel dalam negeri.

“Semua pencapaian yang kami dapat saat ini tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat Indonesia. Kami sepenuhnya berfokus pada transformasi multi tahun yang dilakukan guna membentuk kembali dan merevitalisasi penawaran untuk memastikan kualitas dan produktivitas toko akan memberikan kepuasan dan kenyaman berbelanja," tutup Hadrianus.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hero Tutup Gerai, Tekanan Bisnis Supermarket Masih Berlanjut pada 2019

PT Hero Supermarket Tbk menutup 26 gerai sehingga berimbas terhadap pemutusan hubungan kerja (PHK) 532 karyawan dinilai bukan hal mengejutkan. Hal itu lantaran sektor ritel terutama supermarket hadapi persaingan ketat.

Analis PT Artha Sekuritas, Frederik Rasali menuturkan, PT Hero Supermarket Tbk menutup gerai sebagai langkah strategis dalam rangka efisiensi. Ia menilai, kinerja perseroan tidak alami banyak pertumbuhan dalam beberapa tahun.

Dengan menutup gerai dapat kurangi biaya sehingga atasi pengeluaran dan dapat bertahan di tengah persaingan.

"Karena kinerjanya selama beberapa tahun tidak mengalami banyak pertumbuhan sehingga fix cost harus dipangkas," ujar Frederik saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Senin (14/1/2019).

Dalam laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan membukukan laba tahun berjalan naik menjadi Rp 86,18 miliar hingga 30 September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 70,40 miliar.

Sedangkan pendapatan perseroan turun tipis dari Rp 9,96 triliun hingga 30 September 2017 menjadi Rp 9,84 triliun hingga 30 September 2018.

Kuartal III 2017, pendapatan perseroan turun 5 persen menjadi Rp 9,96 triliun dari periode sama tahun sebelumnya Rp 10,47 triliun. Laba bersih perseroan naik menjadi Rp 70 miliar selama sembilan bulan pertama 2017 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 45 miliar.

Ia menuturkan,  Hero Supermarket juga hadapi tantangan dengan kehadiran minimarket yang lebih dekat wilayah perumahan. Hal itu membuat konsumen untuk beli produk di minimarket. Sedangkan penjualan produk konsumen dengan konsep megastore, ia menilai lebih diminati skala grosir dari pada eceran.

Agar dapat bertahan, Frederik menilai Hero Supermarket dan ritel lainnya harus memiliki produk yang unik dan tidak tersedia di mana pun kecuali di gerai-gerai dengan merek tersebut.

"Persaingannya cukup ketat. Positioning produknya harus tepat juga," tutur dia.

Sementara itu, Institutional Equity Sales and Dealing PT Danareksa Sekuritas, Adeline Solaiman menuturkan, Hero Supermarket menutup gerainya bukan hal mengejutkan. Ini lantaran sektor ritel terutama supermarket merupakan bisnis berat dan hadapi kompetisi ketat dalam beberapa tahun ini.

"PHK bukan kejadian surprise. Tough competition antara minimarket, independent ritel dan pasar tradisional. Kalau beli sekarang pilih lebih dekat kayak alfamart dan indomaret," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Dengan persaingan ketat tersebut menekan pendapatan perseroan. Oleh karena itu, menurut Adeline, PT Hero Supermarket Tbk melakukan efisiensi lewat gaji karyawan dan rental. "Jadi mereka cut pegawai dan tutup toko yang tidak efektif," tutur dia.

Adeline menilai, bisnis supermarket masih hadapi tantangan ke depan. Hal itu termasuk e-commerce atau transaksi belanja lewat online. "Kalau online ini baru baju. Tapi tekanan berlanjut (persaingan supermarket-online-red) pada 2019," kata dia.

   

3 dari 3 halaman

Intip Kinerja Keuangan Hero Supermarket Kuartal III 2018

Seperti diketahui, dalam laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan membukukan laba tahun berjalan naik menjadi Rp 86,18 miliar hingga 30 September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 70,40 miliar.

Sedangkan pendapatan perseroan turun tipis dari Rp 9,96 triliun hingga 30 September 2017 menjadi Rp 9,84 triliun hingga 30 September 2018.

PT Hero Supermarket Tbk bukukan beban pokok pendapatan turun menjadi Rp 7,10 triliun hingga 30 September 2018 dari posisi 30 September 2017 sebesar Rp 7,32 triliun.

Laba kotor perseroan naik 4,01 persen menjadi Rp 2,74 triliun hingga kuartal III 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 2,63 triliun.

Beban usaha perseroan naik 4,39 persen menjadi Rp 2,85 triliun hingga kuartal III 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 2,73 triliun.

Penghasilan keuangan perseroan melonjak 97,88 persen menjadi Rp 4,03 triliun hingga kuartal III 2018. Laba bersih per saham naik menjadi Rp 21 hingga kuartal III 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 17.

Total liabilitas PT Hero Supermarket Tbk naik menjadi Rp 2,55 triliun pada 30 September 2018 dari periode 31 Desember 2017 sebesar Rp 2,16 triliun. Ekuitas perseroan naik menjadi Rp 5,28 triliun pada 30 September 2018. Perseroan kantongi kas Rp 185,54 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.