Menko Luhut: Mobil Dinas Menteri Sudah Sering Mogok

Oleh Bawono Yadika pada 23 Agu 2019, 12:51 WIB
Diperbarui 23 Agu 2019, 12:51 WIB
Ini Plat Mobil Menteri Baru
Perbesar
Petugas memasang pelat mobil baru di mobil dinas Menteri Perhubungan yang baru di Kemenhub, Jakarta, (27/10/2014). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan angkat suara terkait para menteri Joko Widodo periode 2019-2024 yang nantinya akan menikmati mobil dinas kendaraan baru.

Hal itu ia sampaikan di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jakarta Pusat saat menghadiri rapat soal pengelolaan kebun kelapa sawit.

"Mobilnya sudah pada mogok, mobil saya sudah mogok berapa kali masih saja itu diomongin, heran saya, mobil saya saja sudah saya ganti, mobil saya pribadi. Saya ganti mobil saya yang baru," tuturnya di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, pengadaan mobil dinas dilakukan karena kondisi kendaraan dinas presiden, wapres, dan menteri sudah tidak layak.

"Kan mobil dinas bapak presiden sudah melebihi waktunya dan mobil itu adalah mobil khusus, contohnya antipeluru dan lain-lain. Dan elektroniknya itu ada umurnya. Jadi ada umur 10 tahun ya sudah. Kalau sudah 10 tahun mungkin juga kalau diperbaiki sulit," kata Heru (22/8).

 

2 dari 4 halaman

Menhub: Mobil Dinas Saya Enggak Pernah Mogok

Menhub Budi Karya Hadiri Peluncuran Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia
Perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pemerintah akan mengganti mobil dinas para menteri pada kabinet yang akan datang. Selain karena usianya yang nyaris 10 tahun, juga banyak mengalami masalah.

Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku mobilnya tak pernah mengalami masalah. Apalagi sampai mogok.

"Mobil yang saya gunakan bagus, enggak pernah mogok," kata Budi Karya kepada Liputan6.com, Kamis (22/8/2019).

Dia mengaku, mobil dinasnya rutin diservis. Sehingga tak mengalami kendala berarti. "Rutin diservis (mobil dinasnya)," singkat Budi Karya.

Namun, saat disuruh memilih apakah akan menggunakan mobil baru atau lebih menggunakan kendaraan lamanya, dia tak menjawab lagi.  

3 dari 4 halaman

Ganti Mobil Dinas

Mengintip Gagahnya Mobil Dinas 'Indonesia 1' Jokowi
Perbesar
Keduanya hadir ke acara pelantikan menggunakan mobil Mercedes Benz S500 berkelir hitam.

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara berencana untuk mengganti para menteri periode 2019-2024. Hal ini lantaran mobil dinas saat ini telah berusia rata-rata hampir 10 tahun.

Selain menteri, mobil Presiden Jokowi sudah kerap bermasalah sehingga harus diganti. Namun, tipe dan mereknya akan dibedakan dengan monil para menteri.

"Ya kan berkali-kali (mogok). Power window (jendela) enggak jalan, elektrik enggak jalan. Lantas pernah semua sound sistem di dalam mobil bunyi. Radio semua bunyi, kan enggak nyaman," kata Heru di Kemendagri, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Menurut dia, wajar mobil presiden tersebut diganti. Mengingat selain usia, juga aktivitas Presiden Jokowi yang sangat sibuk.

Dia mengungkapkan, meski Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S-Class tipe 600 guard dan mobil Menteri Toyota Crown, namun nasibnya sama.

"Saya dengar beberapa menteri enggak pakai kendaraan itu karena sering mogok. Mesinnya panas dan lain-lain," pungkas Heru.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓