5 Tanda yang Bikin Kamu Susah Kaya

Oleh Liputan6.com pada 28 Agu 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2019, 17:19 WIB
Ilustrasi catatan pengeluaran

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingin menjadi kaya, penting untuk menjaga pengeluaran. Seperti berapa banyak penghasilan yang harus Anda keluarkan dibandingkan dengan menabung atau berinvestasi.

Apakah gaya hidup yang Anda jalani sekarang membawa dampak buruk pada kesehatan finansial. Serta apakah yang Anda jalani sekarang cukup untuk masa depan.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda melakukan pengeluaran lebih dari yang Anda dapatkan:

1. Tidak menabung sama sekali

Menabung untuk masa pensiun dan pengeluaran yang wajib, harus selalu menjadi bagian dari anggaran. Jika Anda terus mengaku tidak memiliki sisa uang untuk menabung, maka bisa jadi Anda terlalu banyak melakukan pengeluaran.

2. Mengikuti tren

Jika Anda selalu bersenang-senang dengan teman yang mengikuti gaya hidup teman Anda, mungkin itu merupakan tanda bahwa Anda membelanjakan lebih dari yang Anda mampu. Terutama media sosial yang dapat memperburuk gaya hidup dan situasi keuangan Anda.

3. Utang KPR lebih dari 30 persen pendapatan setelah pajak

Dikutip dari Business Insider, cara untuk mengukur apakah pengeluaran Anda terlalu banyak untuk perumahan adalah dengan mencoba dan membatasi pengeluaran bulanan hingga 30 persen dari pendapatan setelah pajak. Bisa saja ini sulit jika Anda tinggal di kota dengan biaya hidup tinggi, tetapi ini merupakan tolak ukur yang baik untuk dicoba.

4. Selalu menggunakan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit untuk sebagian besar pembelian bisa jadi baik-baik saja ketika Anda mampu melunasi semuanya. Tapi jika sebaliknya, maka itu adalah tanda pengeluaran Anda cukup besar ketimbang pendapatan.

5. Tidak memiliki dana simpanan

Ketika Anda memiliki utang selama bertahun- tahun, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan kebangkrutan dan mendapatkan pertolongan serta saran. Tetapi hal ini akan membuat Anda kehilangan kepercayaan jika ingin meminjam uang di masa depan.

Reporter: Chrismonica

2 of 2

3 Jurus Jitu agar Hemat Pengeluaran

Good News Today: Kabar Gembira THR, THR PNS, Harga Bawang Turun
Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Kebanyakan orang masih sering gagal saat harus menghemat uang untuk menabung.

Mengapa? Karena mereka masih belum bisa menahan diri untuk tidak boros setiap hari.

Namun, ternyata ada tiga metode sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Mau tahu apa saja?

Dilansir dari laman CNBC, berikut tiga hal yang harus Anda lakukan untuk berhemat:

1. Jangan Beli Sesuatu yang Tidak Anda Butuhkan

Setelah membersihkan dan menyisihkan begitu banyak barang, Anda mungkin akan tergoda untuk segera kembali membeli barang-barang baru untuk mengisi rumah lagi. Namun, hal ini sebaiknya Anda waspadai.

Jika hasrat ini sudah muncul maka mulailah pikirkan kembali apakah barang yang Anda ingin beli memang betul-betul sangat pentimg dan dibutuhkan?

Jika tidak, buanglah jauh-jauh keinginan tersebut. Jika iya maka belilah dan ingat! jangan beli yang terlalu mahal. Carilah barang dengan kualitas bagus tapi harganya masih masuk akal untuk dompet Anda.

2. Jangan Asal Membeli, Cari Dulu Barang Tersebut Sudah Ada atau Tidak dalam Rumah Anda

Terkadang rumah yang berantakan sering kali membuat Anda melupakan barang-barang yang sudah ada. Hingga pada akhirnya, memaksa Anda untuk membeli lagi barang tersebut karena lupa telah menaruh di mana.

Untuk itu, letakkanlah barang sesuai dengan tempatnya. Serta, jika Anda ingin membeli sesuatu, ingatlah kembali apakah barang tersebut sudah ada atau belum.

3. Belilah yang Memang Akan Anda Gunakan

Ini sering terjadi saat Anda membeli makanan dan pakaian. Karena lapar mata, membuat Anda membeli semua makanan dan pakaian yang begitu menarik perhatian mata.

Berhati-hatilah, jika seperti ini terus sama saja Anda akan lebih sering membuang-buang makanan serta pakaian yang tidak Anda gunakan.

Untuk itu, jika Anda ingin membeli makanan buatlah daftar makanan yang Anda makan. Dengan begitu tidak akan lagi makanan yang akan terbuang sia-sia.

Selain itu, jika Anda ingin membeli baju, maka pikirkanlah kembali apakah baju itu memang Anda butuhkan atau tidak. Jangan sampai baju itu hanya menginap di lemari Anda hingga akhirnya harus dibuang.

Lanjutkan Membaca ↓