Ternyata, Keluar dari Zona Nyaman Tak Selalu Menakutkan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 07 Sep 2019, 09:00 WIB
Perempuan Bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, bekerja sesuai dengan passion digadang-gadang sebagai faktor utama yang menyebabkan orang enjoy dalam bekerja. 

Namun, jika Anda sendiri memiliki pekerjaan yang tak sejalan dengan passion, jangan langsung merasa kecil hati.

Memiliki pekerjaan dan passion yang berbeda satu dengan yang lainnya, malah memberikan Anda banyak pembelajaran baru, lo! Apa saja? Yuk, simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Anda Jadi ‘Terpaksa’ Keluar dari Zona Nyaman

Passion yang dimiliki, merupakan zona ternyaman dalam hidup Anda. Tak sedikit pun Anda merasakan kesusahan, jika melakukan sesuatu atas nama passion.

Namun, sampai kapan kiranya Anda ingin tetap bertahan di zona nyaman tersebut, tanpa melihat hal menarik lainnya di luar sana? Menjalani pekerjaan yang beda dengan passion, Anda akan keluar dari zona nyaman selama ini.

Jangan langsung berpikiran bahwa keluar dari zona nyaman itu adalah hal yang buruk, ya. Malah dengan mencobakan atau mengerjakan hal berbeda dari hobi selama ini, keterampilan dan kecakapan Anda akan semakin ditempa. Pengalaman Anda pun akan semakin bertambah, tak hanya itu-itu saja. Jika sekiranya passion mengecewakan, masih ada pekerjaan yang Anda pegang. 

2 of 3

2. Segudang Pengalaman Baru Menanti Anda

Ilustrasi
Gelar sarjana tak menjamin seseorang mudah mendapatkan pekerjaan. Kira-kira apa ya penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Kegagalan bukan ditandai dengan berbedanya pekerjaan yang Anda ampu, dengan passion yang selama ini digiatkan.

Dengan menekuni pekerjaan yang berbeda dengan passion, Anda bisa memasuki dunia baru yang tak kalah mengagumkannya dengan passion Anda selama ini. Berpikirlah positif dan tanamkan dalam pikiran Anda bahwa semua ilmu di dunia ini bermanfaat. 

Siapa tahu dengan pekerjaan baru yang dimiliki ini, Anda bisa menolong lebih banyak orang. Peran Anda begitu dibutuhkan di bidang pekerjaan saat ini, dibandingkan saat Anda habis-habisan mengejar passion.

Bukankah pujian dan rasa terima kasih yang diberikan oleh banyak orang pada Anda, juga bisa menjadi sumber kepuasan tersendiri? Jadi, nikmatilah setiap proses yang terjadi. 

3. Kesuksesan Tak Lahir dengan Sendirinya 

Anda pasti sering mendengar cerita dari para tokoh terkenal dunia, tentang bagaimana mereka mencapai kesuksesannya selama ini.

Dari cerita mereka tentu Anda bisa menyimpulkan bahwa butuh kerja keras, agar mereka bisa mencapai tangga teratas seperti sekarang.

Nah, anggaplah pekerjaan yang dilakukan ini, sebagai anak tangga pertama yang harus dilewati menuju kesuksesan.  

Tak banyak cerita menuju sukses yang berisikan kenyamanan dan kesenangan, semuanya membutuhkan pengorbanan.

Terapkan mindset ini di pikiran Anda dan teruslah pacu diri untuk memberikan yang terbaik, hingga nantinya hal yang diinginkan bisa tercapai.

Saat kesuksesan berhasil Anda raih, passion yang selama ini harus dipendam bisa mulai dijalankan kembali.   

3 of 3

4. Cara Terbaik Mengajarkan Anda untuk Beradaptasi

Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStock)
Ilustrasi teman - sahabat - rekan kerja (iStockphoto)

Saat diterima bekerja di suatu tempat, maka Anda harus menuruti semua peraturan yang ada, serta bergaul dengan rekan kerja Anda.

Mungkin awalnya terasa susah, apalagi jika bidang yang Anda geluti saat ini, jauh berbeda dengan passion Anda selama ini.

Namun, sampai kapan Anda ingin menolak kenyataan ini? Cara terbaik adalah mengajar diri Anda sendiri, untuk beradaptasi. 

Beradaptasi di lingkungan yang serba baru, tentu tak mudah. Namun, jika bertekad bulat untuk melakukannya, pasti Anda bisa.

Mulailah dengan menurunkan sedikit ego, lalu mencoba membaur dengan teman-teman di lingkungan kerja Anda. Siapa tahu, mereka yang selama ini Anda anggap tak nyambung saat mengobrol, malah jadi orang terdekat di fase hidup Anda selanjutnya. 

Bekerja di luar passion bukanlah akhir dari dunia, jika Anda bisa memaknainya lebih baik. Jadikan kesempatan ini sebagai sumber pembelajaran baru bagi Anda, yang selama ini hanya fokus di satu bidang saja. 

Dengan selalu berpikiran positif dan menghargai setiap prosesnya, Anda akan sadar bahwa semua pekerjaan akan terasa menyenangkan, jika dijalani dengan keikhlasan. 

Lanjutkan Membaca ↓