9 Kemampuan yang Wajib Dimiliki untuk Capai Karier Gemilang

Oleh Fitriana Monica Sari pada 27 Agu 2019, 08:30 WIB
[Bintang] Sukses

Liputan6.com, Jakarta Karier adalah suatu hal yang harus diperjuangkan untuk masa depan, terlebih saat banyaknya persaingan di era global.

Demi masa depan yang cerah, Anda harus meniti karier dengan tekun sesuai dengan kapasitas diri.

Dalam perjalanan berkarier, terdapat skill yang harus dimiliki dan terus dikembangkan untuk mendukung kinerja. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya dari Swara Tunaiku

1. Bahasa Asing

Revolusi industri 4.0 menawarkan berbagai kemudahan juga tantangan. Untuk menghadapinya, diperlukan kemampuan mumpuni agar mendapatkan kelancaran karier.

Tantangan yang ada menjadi tuntutan yang mau tidak mau harus Anda penuhi jika ingin sukses dan memenangkan persaingan. Kemampuan bahasa asing menjadi skill utama yang membuka isi dunia.

Perkembangan informasi dan teknologi mampu menghapus ruang dan waktu, sehingga memungkinkan semua negara berinteraksi satu sama lain dengan lebih mudah.

Dengan menguasai bahasa asing yaitu bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, Anda bisa berinteraksi dengan banyak negara. Relasi bisa semakin banyak. Lebih baik lagi jika menambah bahasa lainnya.

2 of 5

2. Kemampuan Menulis

Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop. Kredit: StartupStockPhotos via Pixabay
Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

Kemampuan yang satu ini mungkin tidak banyak disukai orang pada awalnya karena menuntut kecermatan dan ketekunan berlatih. Contohnya, mahasiswa tidak terlalu bersemangat ketika diberi tugas membuat makalah, esai, dan karya tulis lainnya. Akan tetapi, kemampuan menulis ini wajib dikuasai jika ingin mempunyai karier gemilang.

Menulis secara profesional akan membuka jalan memperoleh beasiswa, jabatan yang terjamin, relasi yang membangun, dan peluang lainnya.

Penelitian dan proyek lain juga diseleksi melalui tulisan yang jika memadai akan memberikan peluang bagi kesuksesan karier Anda.

3. Public Speaking

Selain kemampuan menulis, kemampuan berbicara juga harus dilatih agar mampu menyuarakan ide dan pendapat di muka umum. Kemampuan tersebut adalah public speaking.

Jadi, Anda harus memperkaya kosakata dan belajar berbicara jelas, tegas, dan lancar. Tentu saja Anda juga perlu berlatih agar tetap fokus pada inti pembicaraan di depan audience kapan pun dan di mana pun.

3 of 5

4. Aplikasi Desain

Desainer grafis
Ilustrasi desainer grafis (iStockphoto)

Saat ini, kemampuan mendesain sangat penting dimiliki karena peluangnya sangat besar. Corel Draw dan Photoshop merupakan aplikasi yang wajib dikuasai, setidaknya untuk membuat layout presentasi yang menarik, background panggung yang serasi, spanduk atau brosur untuk promosi, foto untuk keperluan promosi atau kenangan. Jika ditekuni, Anda bisa membuka jasa desain.

5. Menggunakan Internet dan Sosial Media

Internet saat ini sangat memudahkan perolehan informasi dan komunikasi. Tak hanya itu, banyak hal terbantu dengan fasilitas internet, seperti pemasaran, konsultasi, pembayaran, dan sebagainya. Beragam sosial media yang terhubung oleh internet juga dapat menjadi media komunikasi dan penyebaran informasi.

Kemampuan berinternet dan bersosial media akan membantu Anda melakukan berbagai kegiatan terkait dengan pencapaian kesuksesan karier. Anda bisa mencari info apapun untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Sosial media juga sangat potensial untuk membangun relasi.

4 of 5

6. Berpikir Kreatif dan Inovatif

Ilustrasi orang kreatif
Ilustrasi orang kreatif. Sumber foto: unsplash.com/Bench Accounting.

Kemampuan berpikir kreatif dan inovatif haruslah dibangun sejak dini agar mendukung karier di masa depan. Melalui pola pikir yang kreatif dan inovatif, Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada dengan seoptimal mungkin.

Anda bisa menekuni suatu bidang secara berkelanjutan dengan penyatuan ide agar bisa menghasilkan karya yang menarik dan punya daya saing.

7. Manajemen Waktu

Waktu adalah hal yang sangat berharga. Melakukan sesuatu secara efektif sangat diperlukan jika Anda ingin sukses.

Semakin banyak hal yang bisa dilakukan sesuai target, maka akan semakin cepat memperoleh pengalaman dan hasil dari itu semua. Jadi, aturlah waktu Anda. Lakukan manajemen waktu sebaik mungkin.

5 of 5

8. Kecerdasan Emosi

Wanita Karir
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Pengaturan emosi juga sangat diperlukan agar setiap hal bisa dilakukan dengan baik dan minim risiko. Anda juga mampu mengatasi konflik yang mungkin terjadi selama berkarier. Emosi yang teratur dalam batas normal juga mampu membuat selalu bersemangat dan menjadi visioner.

9. Kerja Sama Tim

Kerja sama tim yang solid akan memicu keberhasilan karier. Dengan kemampuan ini, Anda mampu membangun relasi yang baik demi kesuksesan tujuan bersama. Pencapaian target akan lebih mudah dan persoalan yang ada bisa diatasi dengan baik.

Melalui pengembangan beberapa skill tersebut, Anda mampu menggapai karier yang gemilang. Anda bisa mendapatkan kesuksesan di masa depan jika sejak awal mempunyai skill tersebut.

Kemampuan dan sikap diri akan bersinergi membentuk kapasitas diri yang baik untuk meraih karier gemilang. Posisi pekerjaan yang terjamin bisa diperoleh. Jika berbisnis, kesuksesan ada di tangan.

Lanjutkan Membaca ↓