Sukses

Amankan Dompetmu Usai Liburan dengan 9 Cara Ampuh Antibangkrut

Berikut beberapa tips jitu agar dompet tak bangkrut usai liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur adalah momen indah yang mengasyikkan. Kepenatan akibat aktivitas sehari-hari bisa hilang dengan pergi ke beberapa destinasi wisata.

Untuk memenuhi kebutuhan berlibur, tentu saja ada dana yang disiapkan. Meskipun demikian, kamu harus tetap mengatur keuangan agar aman dan tidak terlalu membengkak.

Melalui tips Swara Tunaiku di bawah ini, dompet tak akan bangkrut usai liburan.

1. Menyelesaikan Target Pekerjaan

Kesempatan berlibur bersama keluarga, teman, atau relasi bisnis, juga tetap memerlukan perencanaan. Sebelum liburan, pastikan kegiatan sudah diselesaikan dengan baik agar liburan berjalan lancar dan tanpa beban pikiran.

Jadi, selesaikanlah dulu pekerjaanmu apapun itu sebelum pergi berlibur agar ketika kamu pergi, semua yang terkait dengan pekerjaanmu sudah beres.

Dengan selesainya pekerjaan sesuai target pada hari sebelum liburan, maka bisa menekan kerugian finansial. Kamu tidak harus bolak balik untuk memenuhi panggilan terkait pekerjaan. Biaya transportasi akan efisien. Kamu juga bisa menghindari konsekuensi berupa pemotongan gaji akibat keterlambatan penyelesaian pekerjaan.

2. Sesuaikan Rencana Liburan dengan Bujet

Pembuatan rencana liburan sangat diperlukan agar liburan berjalan lancar dan sesuai impian. Kamu bisa menikmati momen santai bersama dengan lega dan nyaman. Perencanaan liburan tersebut harus disesuaikan dengan bujet agar kamu tidak bangkrut.

Caranya dengan memilih paket wisata, membawa bekal makanan untuk hari pertama, dan menyesuaikan waktu liburan dengan bujet yang tersedia. Dengan cara tersebut, isi dompet tetap aman tanpa bangkrut usai liburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Membuat Perencanaan Keuangan

Selain perencanaan liburan secara garis besar seperti destinasi, waktu liburan, lama liburan, dan kesesuaian bujet untuk itu, terdapat perencanaan keuangan untuk memenuhi kebutuhan selama liburan.

Kamu harus memikirkan pengeluaran yang dimungkinkan terjadi selama liburan, terlebih apabila berlangsung dalam beberapa hari. Buatlah range pengeluaran di setiap aspek kebutuhan.

4. Menurunkan Gaya Hidup

Gaya hidup setiap orang pasti berbeda. Untuk berlibur, pasti seseorang juga akan menyesuaikan dengan gaya hidupnya. Kebiasaan pasti memengaruhi selera. Akan tetapi, semua itu harus diatur agar sesuai dengan bujet yang tersedia.

Jangan sampai berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Jadi, kamu harus rela sedikit menurunkan gaya hidup demi agar liburan bisa sesuai bujet dan tidak menguras isi dompet.

3 dari 5 halaman

5. Menghindari Perilaku Konsumtif

Perilaku konsumtif akan lebih rawan saat berada di tempat wisata. Banyak hal menarik di sana dan perasaan senang selama liburan membawamu sampai terlena. Banyak orang yang cenderung memenuhi keinginannya berbelanja atau berwisata kuliner sepuasnya.

Perilaku yang demikian haruslah dihindari. Jadi, pilihlah barang yang unik sebagai buah tangan dan cobalah makanan khas yang tetap sehat. Itu artinya, kamu harus tetap mempertimbangkan segala sesuatu untuk menentukan pilihan.

6. Manfaatkan Program Promo

Promo adalah solusi tepat untuk menekan pengeluaran. Kamu bisa pilih promo berupa diskon akhir pekan atau momen tertentu agar pengeluaran bisa dihemat. Pembayaran lewat kartu kredit juga bisa dipilih ketika tersedia promo dari kartu kredit yang kamu gunakan.

4 dari 5 halaman

7. Menyediakan Dana Darurat

Dana darurat ini sangat dibutuhkan karena menyelamatkanmu dari kebutuhan mendesak atau hal lain yang tidak terduga.

Jadi, siapkan dana darurat ini secukupnya sebagai tindakan berjaga-jaga selama pergi liburan agar kamu tidak perlu mengajukan pinjaman yang tentu ada biaya kreditnya.

8. Menghindari Membawa Uang Berlebih

Bepergian tentu saja harus selalu waspada. Jika tidak, uang bisa melayang tanpa tahu siapa yang mengambilnya.

Kasus pencurian atau perampokan yang marak terjadi di tempat wisata bisa menjadi alasan kewaspadaanmu. Untuk menghindarinya, bawalah uang secukupnya saja. Jangan pula berpenampilan glamor yang justru perlihatkan kamu punya uang banyak.

5 dari 5 halaman

9. Menjaga Kesehatan Sebelum dan Selama Liburan

Sehat itu mahal. Karenanya, jagalah kesehatanmu sebelum dan selama liburan. Mengapa? Semua itu penting agar uang tidak terkuras untuk biaya pemeriksaan akibat tidak menjaga kesehatan dengan baik. Lagipula, kegiatan berliburmu bisa kacau, bukan?

Berbagai hal di atas perlu diterapkan untuk mengamankan dompetmu dari kebangkrutan akibat pemakaian berlebih saat liburan.

Ingatlah bahwa ada kebutuhan berikutnya yang harus dipikirkan. Jangan sampai kondisi keuanganmu tidak stabil karena hidup glamor.

Agar aman, buatlah rencana keuangan dengan mengutamakan kebutuhan. Penuhi keinginan sesuai dengan dana yang tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini