Lakukan 8 Hal Ini agar Tetap Semangat Pasca-PHK!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 27 Agu 2019, 06:00 WIB
PHK

Liputan6.com, Jakarta - PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) sangat potensial membuatmu down. Hal ini merupakan suatu kendala dalam berkarier.

Kamu harus rela melepas pekerjaan yang selama ini kamu perjuangkan karena keputusan perusahaan yang ingin mengurangi karyawannya. Akibatnya, kamu perlu menata kembali kariermu pasca-PHK.

Lalu, bagaimana caranya agar tetap semangat? Swara Tunaiku merangkum beberapa tipsnya. Apa saja?

1. Move on

Cara terbaik untuk membangkitkan semangat setelah mengalami kesedihan atau keterpurukan adalah move on.

Akan tetapi, tidak semua masalah cepat terlupakan. Bahkan, semangat jadi hilang karena sedih setelah kehilangan sesuatu yang sudah diperjuangkan selama ini. Contohnya saja ketika mengalami PHK, maka sekilas pupuslah harapan. Karier sudah berakhir.

Akan tetapi, statement semacam itu harus dihentikan. Kamu harus melupakan kesedihan tersebut sedikit demi sedikit dengan kembali menata hidup.

Lakukan hal yang membuatmu semangat lagi, misalnya menekuni hobi. Rajin melihat video motivasi juga bisa membangkitkan semangat. Kamu juga akan merasa lega jika menceritakan keluh kesahmu kepada orang lain.

2. Refreshing

Refreshing juga potensial membangkitkan semangatmu kembali. Liburan bersama keluarga, teman, atau relasi dapat membuatmu kembali fresh.

Segala kepenatan akibat peristiwa PHK bisa hilang dengan sendirinya. Hati dan pikiran bisa kembali tenang. Kamu juga mampu berpikir jernih untuk mengembalikan kondisi kariermu. Kehidupan personal juga akan terpikirkan.

2 of 4

3. Meminta Dukungan Orang Sekitar

Pelukan
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Ivy Chen

Motivasi dari orang terdekat juga sangat penting untuk mengobati kekecewaan dan kesedihanmu setelah di-PHK. Ceritakan kondisimu yang sebenarnya bahwa sudah terkena PHK kepada keluarga dan sahabat terdekat.

Tujuannya agar mereka mengetahui kondisimu sekarang dan mampu memahami persoalan sebenarnya. Dengan demikian, muncullah dukungan dari mereka juga saran yang mampu menguatkanmu.

4. Menemukan Kembali Passion-mu

Setiap orang pasti punya passion. Sama halnya denganmu yang meski kini sedang di-PHK, namun tetap mempunyai passion yang sangat mampu dikembangkan.

Dengan mengasah passion, semangatmu akan kembali hadir. Bahkan, bisa jadi hal-hal menyenangkan saat meningkatkan passion ini tidak bisa dilakukan ketika masih bekerja.

Jadi, tidak semua berakhir buruk setelah PHK. Semua pasti ada hikmahnya, termasuk kesempatan untukmu agar mampu meningkatkan passion.

Kemampuan diri akan meningkat seiring berjalannya waktu. Nantinya, kamu bisa kembali mendapatkan sumber penghasilan yang baru dan lebih cocok denganmu.

3 of 4

5. Tetap Berani

20160426-Ilustrasi-Wanita-Karir-iStockphoto
Ilustrasi Wanita Karir (iStockphoto)

Semua hal pasti ada risikonya. Setelah mengalami PHK, janganlah kamu berpikir untuk menyerah. Jalan masih banyak dan semuanya punya peluang. Jadi, tinggal bagaimana kamu menyikapinya.

Menjadi pemberani sangat perlu untuk menyusun kembali hidupmu. Jadilah seorang pemberani yang mampu menghadapi risiko. Dengan demikian, perjuangan akan optimal dan bisa berhasil.

6. Menolak Godaan

Godaan di dunia ini sangat banyak, terlebih ketika ingin bangkit meraih kesedihan menuju hidup yang lebih baik.

Setelah terputus dari hubungan kerja, tentu kamu sangat merasa santai karena belum bekerja lagi. Terkadang, waktu yang santai tersebut sangat rawan membuatmu terlena. Jika sudah demikian, semangat untuk bangkit akan luntur.

Ketika hal tersebut dialami, janganlah mudah tergoda. Tolaklah hal-hal yang hanya mengajakmu bersenang-senang dan membuatmu malas.

Beragam kegiatan santai boleh saja dilakukan, tetapi kamu harus punya tujuan dan target hidup untuk kembali berkarier.

4 of 4

7. Membuat Rencana ke Depan

Ilustrasi wanita karir
Tahun baru dapat menjadi momen untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Bagaimana cara mencapainya? (foto: shutterstock)

Membuat rencana berikutnya setelah mengalami PHK dapat membuatmu kembali bersemangat. Pasalnya, hidup jadi lebih berwarna dan tertata dengan planning yang dibuat. Kamu bisa berangan-angan menata karier kembali hingga meraih kesuksesan.

8. Up to Date Info Terkini

Up to date terhadap info-info terkini sangatlah dibutuhkan, terlebih untukmu yang ingin membangun karier kembali.

Bacalah fakta dan isu terkini yang berkaitan dengan kariermu agar bisa mendapatkan peningkatan pengetahuan. Info lowongan kerja dan pelatihan juga bisa kamu telusuri.

Semangat sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan. Semua kegiatan dapat berjalan lancar dan progresif apabila dikerjakan dengan penuh semangat.

Meskipun kamu pernah di-PHK, semangat tidak boleh luntur. Jangan biarkan semangatmu tergerus oleh keadaan.

Jika jatuh, maka bangkit dan bangkit lagi. Bangun kembali semangat berkarier lewat beberapa tips lengkap di atas.

Lanjutkan Membaca ↓