Sukses

PLTA Batang Toru Bakal Dorong Kegiatan Ekonomi Masyarakat

PLTA Batang Toru mampu menghasilkan listrik hingga 510 MW dan ditargetkan beroperasi pada 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara menyatakan dukungannya terhadap pembangunan pembangkit energi terbarukan PLTA Batang Toru. Keberadaan pembangkit listrik ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Salah satu tokoh adat Raja Luat Sipirok Sutan Parlindungan Suangkupon Edward Siregar mengatakan, masyarakat mendukung sepenuhnya pembangunan PLTA Batangtoru di wilayah Simarboru. Keberadaan PLTA Batang Toru bisa menyediakan kebutuhan listrik yang vital bagi masyarakat demi peradaban yang lebih baik.

Menurut dia, masyarakat Simarboru ingin mencapai peradaban yang setara dengan wilayah lain di Indonesia setelah 74 tahun Indonesia merdeka.

“Dengan listrik, anak-anak kami bisa belajar di malam hari. Akses informasi juga akan lebih terbuka. Jadi listrik ini bukan hanya untuk penerangan, tapi juga untuk peradaban,” ujar dia dikutip Antara, Senin (19/8/2019).

Edward menyatakan kesejahteraan masyarakat pun diyakini bisa lebih meningkat saat PLTA Batang Toru beroperasi. Industri kerajinan tenun bisa bekerja lebih lama. Lapangan pekerjaan juga akan terbuka baik di proyek PLTA ataupun usaha-usaha lain yang tumbuh karena tersedianya pasokan listrik.

PLTA Batang Toru merupakan bagian dari program penyediaan listrik 35.000 MW yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. PLTA itu bisa menghasilkan listrik hingga 510 MW dan bertipe peaker untuk menyangga hingga 15 persen saat beban puncak Sumatera Utara.

Saat ini, defisit listrik di Sumatera Utara itu diisi oleh pembangkit listrik berbahan bakar solar yang disewa dari luar negeri.

Saat beroperasi pada 2022, PLTA Batang Toru akan menghemat solar untuk pembangkit listrik tenaga diesel hingga 400 juta dollar AS atau Rp5,6 triliun per tahun.

Pembangkit itu juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 1,6 juta-2,2 juta metrik ton CO2 per tahun. Jumlah itu mencakup empat persen dari target pengurangan emisi GRK secara nasional di sektor energi pada 2030.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Proyek PLTA Batang Toru Selesai 2022

PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) menargetkan, proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru atau PLTA Batang Toru di Sumatera Utara dapat rampung pada 2022.

Senior Advisor NSHE, Agus Djoko Ismanto, menyampaikan pembangunan PLTA Batang Toru ini merupakan proyek lama yang telah dimulai sejak 10 tahun lalu.

"Ini inisiasinya sejak 10 tahun lalu, kira-kira 2008. Pada saat itu kita lakukan banyak survei untuk memastikan proyek ini layak dan bisa untuk jangka panjang. Soalnya ini investasi besar," terang dia di Graha Niaga, Jakarta, Jumat (28/9/2018).

PLTA Batang Toru berkapasitas total sebesar 510 Mega Watt (MW) yang dihasilkan dari empat turbin dengan tenaga 127,5 MW. Nilai investasi PLTA Batang Toru mencapai Rp 21 triliun.

Setelah itu, ia melanjutkan, pihaknya mulai mengadakan pembebasan lahan pada 2012 untuk membuka jalan menuju alirang sungai Batang Toru.

Dia menyebutkan, pemerintah daerah setempat juga turut membantu NHSE dalam proses pembebasan lahan. "Bupati di sana sangat punya perhatian kepada masyarakatnya. Beliau membentuk tim fasilitasi pembebasan lahan. Semua unsur pemerintahan ada, tokoh adat ada, tokoh masyarakat ada. Penentuan harganya pun sesuai kesepakatan," ujar dia.

NHSE menargetkan, proyek yang terikat kontrak dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini bisa selesai pada 31 Juli 2022. Untuk saat ini, masih dilakukan proses pra-kobstruksi dengan kemajuan sekitar 6,7 persen.

"Progres sampai saat ini 6,7 persen, progres pra-kobstruksi, harus dipersiapkan semua fasilitas sebelum itu dimulai. Konstruksi bisa dimulai setelah menyampaikan desain kepada balai bendungan. Kalau desain itu diterima, kita akan dapatkan sertifikat uji layak bangun dan pembangunan," kata dia.

"Sesuai schedule, desain pembangunan akan diberikan Desember tahun ini, sehingga kontruksi bisa dimulai antara Januari atau Februari 2019," Agus menambahkan.

3 dari 3 halaman

Ada PLTA Terbesar di Sumut, RI Hemat Rp 5 Triliun

Sebelumnya, PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) memastikan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru tetap berlanjut meski mendapat penolakan dari penggiat lingkungan. PLTA swasta terbesar di Sumatera Utara (Sumut) ini ditargetkan selesai pada 2022.

Senior Advisor Bidang Lingkungan NSHE Agus Djoko Ismanto mengungkapkan, PLTA berkapasitas 4×127,5 Mega Watt (MW) ini berlokasi di Sungai Batang Toru, Desa Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut.

Area konstruksi PLTA Batang Toru terletak di Kecamatan Marancar, Sipirok, dan Batang Toru. Lahan yang digunakan sebagai lokasi dari PLTA Batang Toru berada pada lahan dengan status Areal Pengunaan Lain (APL).

"Area yang kami mau bangun PLTA didominasi lahan perkebunan karet, kelapa sawit, ladang, lahan pertanian. Bukan hutan lindung dan tidak ada pemukiman warga," tegas Agus saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, baru-baru ini.

Ia mengklaim, proyek pembangunan PLTA Batang Toru tidak mengganggu lingkungan karena sudah ada fragmentasi habitat secara alami oleh Sungai Batang Toru. Sungai sepanjang 174 km ini memisahkan habitat satwa liar di blok Timur dan Barat.

"Area ini juga bukan tempat yang disukai orangutan karena dikelilingi lereng terjal, dan bukan kawasan konservasi," ujarnya.

Lebih jauh Agus menjelaskan, NSHE telah memperoleh izin lokasi dari Pemerintah Daerah (Pemda) Tapanuli Selatan seluas 7.000 hektare (ha). Lahan itu digunakan untuk melakukan survei, menentukan lokasi proyek dan perencanaan lainnya.

Luas lahan yang dibutuhkan dan telah dibebaskan dari masyarakat untuk pengerjaan proyek ini, diakuinya, seluas 566,3 ha atau 9 persen dari total izin lokasi 7.000 ha. Sisanya 91 persen akan dikembalikan ke Pemda Tapanuli Selatan.

"Kami sebut PLTA ini irit lahan," ujarnya.

Dari total lahan 566,3 ha atau 5,66 juta meter persegi (m2), di antaranya untuk pembangunan bendungan atau DAM seluas 70 ribu m2, sedangkan luas genangan 900 m2. Untuk pembangunan jalan untuk proyek PLTA Batang Toru seluas 2,66 juta m2.

PLTA Batang Toru merupakan proyek IPP (Independent Power Producer/IPP). Kepemilikan saham perusahaan patungan NSHE, antara lain PT Dharma Hydro Nusantara (DHN) sebesar 52,82 persen, PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PJBI) 25 persen, dan Fareast Green Energy Pts Ltd (China dan Prancis) sebesar 22,18 persen.

Agus menargetkan, pembangunan PLTA Batang Toru akan dimulai paling cepat akhir tahun ini atau awal 2019 paling lambat. Butuh waktu empat tahun menyelesaikan konstruksinya, sehingga diperkirakan akan beroperasi pada 2022.

"Sekarang kami lagi pembangunan jalan, karena harus membuka akses dan itu butuh waktu setahun. Total investasinya sekitar Rp 20-23 triliun, berasal dari internal dan pinjaman," terangnya.

Dampak pembangunan PLTA Batang Toru akan menyedot ribuan tenaga kerja. Menurut Agus, pada tahap konstruksi bendungan atau DAM, kebutuhan tenaga kerja bisa mencapai sekitar 1.000 orang.

Selain itu, pembangkit listrik berkapasitas 510 MW tersebut, akan berkontribusi sekitar 15 persen dari beban puncak Sumatera Utara dan menjadi pengganti sumber listrik yang berasal dari diesel maupun gas.

"Kalau PLTA Batang Toru beroperasi bisa mengurangi emisi karbon hingga 1,6 Megaton per tahun dari diesel. Penghematan belanja negaranya juga mencapai USD 400 juta per tahun. Negara yang menikmatinya," kata Agus.

Jika dihitung dengan asumsi kurs saat ini Rp 13.902 per dolar AS, maka negara bisa hemat Rp 5,56 triliun per tahun dengan adanya PLTA Batang Toru di Sumut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.