Sukses

5 BUMN Kenalkan Budaya Bangsa ke Generasi Muda

Lima BUMN menggelar kegiatan Jalan Sehat 5KM yang dipusatkan di area Candi Prambanan yang merupakan rangkaian perayaan HUT RI ke-74 di Daerah Istimewa Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) bersama empat BUMN lainnya yakni PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), PT Bahana (Persero), PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), dan PT Primissima (Persero) menggelar kegiatan Jalan Sehat 5KM yang dipusatkan di area Candi Prambanan. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan HUT RI ke-74 di Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus memperkenalkan budaya tanah air kepada para generasi muda.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PTPP, Agus Purbianto mengatakan, kegiatan tersebut dihadiri oleh 1.500 peserta yang terdiri dari masyarakat sekitar serta keluarga besar BUMN yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara perayaan HUT Republik Indonesia ke-74 ini merupakan puncak acara rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri.

“Melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri ini, kita ingin semua lapisan masyarakat terutama anak-anak sekolah melihat Indonesia yang sarat budaya, kaya akan suku dan adat istiadat, sehingga timbul rasa toleransiantar sesama dan cinta Tanah Air. Ini yang kami rasa penting ditanamkan untuk generasi muda saat ini,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Selain itu, rangkain kegiatan lain yang diselenggarakan antara lain programSiswa Mengenal Nusantara (SMN), yakni program pertukaran pelajar antar provinsi yang telah berlangsungsejak tahun 2017, untuk menanamkan kepedulian, rasa bangga dan cinta Tanah Air melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Dalam program ini, PTPP bersama 4 BUMN lainnya mengirimkan 23 siswa berprestasi asal Daerah Istimewa Yogyakarta ke Riau dan sebaliknya menerima 30 siswa berprestasi Pekanbaru yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selama 10 hari, 30siswa tersebut mempelajari aneka adat dan budaya Jawa, diantaranya cara bermain gamelan, mengunjungisitus Ratu Boko dan Museum Dirgantara Yogyakarta.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peringatan Hari Kemerdekaan

Sebelumnya, saat perayaan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus kemarin, PTPP bersama empat BUMN lainnya juga menggelar acara kenaikan bendera di Kantor Proyek Yogyakarta Internasional Airport milik Perseroan di Kulonprogo, DIY dan dihadiri oleh Agus Purbianto Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Perseroan, Mardjiono Direktur Teknik &Infrastruktur PT TWC (Persero), Usmansyah Direktur Utama PT Primissima (Persero), Marciano HermanDirektur Utama PT Bahana (Persero), dan Fajar Wibhiyadi Direktur Utama PT KBI (Persero).

Dalam kesempatan tersebut, Agus Purbianto Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Perseroan bertindaksebagai inspektur upacara. Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 tersebut diikutioleh 30 anak-anak Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Pekanbaru dan jajaran manajemen BUMN yangmenjadi pelaksana kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selepas upacara kenaikan bendera, acara selanjutnya adalah perlombaan yang sarat nuansa nasionalisme danPancasila seperti lomba bakiak, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk dan mengambil koin dalamsemangka. Perseroan bersama BUMN lainnya juga menyerahkan bantuan kepada 10 pejuang veteran di Kantor Proyek Yogyakarta International Airport Kulonprogo.

3 dari 3 halaman

5 BUMN Ini Kompak Kampanyekan Diet Plastik Saat HUT ke-74 RI

Sebanyak 4500 karyawan dan masyarakat turut memeriahkan kegiatan Jalan Sehat BUMN 5 km di seputaran kawasan Thamrin-Sudirman yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-74 RI sebagai bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di wilayah DKI Jakarta.

Kegiatan ini dikoordinir oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama lima BUMN lainnya, yaitu PT Virama Karya, PT Indra Karya, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT PPD dan PT Petrokimia Gresik.  

Pelepasan peserta sendiri dilakukan oleh Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah bersama dengan para Direktur Utama BUMN.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat, selaku penanggungjawab kegiatan BHUN wilayah DKI mengungkapkan Jalan Sehat bersama keluarga BUMN dan masyarakat ini hanya sebagian kecil dari sejumlah kegiatan yang dilakukan BUMN.

“Selain jalan sehat, pada kesempatan ini kami juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat di sekitar kantor Kementerian BUMN," jelas Aas di Kementerian BUMN, Minggu (18/8/2019).

Tercatat lebih dari 200 orang turut menerima fasilitas cek kesehatan gratis tersebut, yang terdiri dari pemeriksaan gula darah, tekanan darah, asam urat serta konsultasi dokter.

Selain itu, digelar juga Pameran UMKM binaan BUMN, kuliner gratis, aneka lomba, dan lain sebagainya. “Intinya, sesuai amanah Kementerian BUMN, kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di HUT ke-74 RI ini," kata Aas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.