Sukses

5 Prioritas Anggaran Jokowi di 2020

Aspek-aspek kunci yang disebutkan dalam prioritas akan menjadi pendoman dalam penggunaan anggaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkap lima prioritas anggaran pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2020. Presiden sudah menyebut prioritas adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan isu itu menjadi prioritas nasional (PN) nomor satu dalam APBN.

Prioritas Nasional Pertama itu adalah Pembangunan Manusia dan Pengentasan Kemiskinan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 157,1 triliun. Alokasi itu yang tertinggi dari empat prioritas lain.

Selanjutnya ada Prioritas Nasional Kedua, yakni Infrastruktur dan Pemerataan Wilayah, dengan alokasi anggaran senilai Rp 75,5 triliun, setelahnya Prioritas Nasional Ketiga yakni Nilai Tambah Sektor Riil, Industrialisasi dan Kesempatan Kerja dengan alokasi anggaran sebesar Rp 24,4 triliun.

Lingkungan hidup juga menjadi prioritas nasional. Isu krisis iklim pun diungkit oleh Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan pada Jumat (16/8/2019) di Gedung DPR/MPR.

Prioritas Nasional Keempat pun berfokus ke Ketahanan Pangan, Air, Energi dan Lingkungan Hidup dengan alokasi anggaran sebesar Rp 43,7 triliun. Prioritas Nasional Kelima adalah Stabilitas Pertahanan dan Keamanan dengan alokasi anggaran senilai 36,6 triliun rupiah.

“Dari lima prioritas nasional tersebut, maka kita bisa lihat bahwa prioritas nasional dengan porsi anggaran terbesar mencapai 157,1 triliun rupiah adalah untuk Prioritas Nasional 1: Pembangunan Manusia dan Pengentasan Kemiskinan,” tegas Menteri Bambang di keketerangan resminya.

Aspek-aspek kunci yang disebutkan dari prioritas di atas akan menjadi pendoman dalam penggunaan anggaran. Alokasi anggaran bagi kelima PN yang diamanatkan dalam RKP 2020 adalah sebesar Rp 337,3 triliun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.