Sukses

Jokowi Bakal Gabungkan Kemendag dan Kemenperin, Mungkinkah?

Pihak Kemendag masih mengikuti proses yang kini terus bergulir dan berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Wacana peleburan kementerian pada Kabinet Jokowi Jilid II terus menuai banyak pendapat dari masyarakat. Selain Kementerian Investasi, rencananya Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga akan lebih dikerucutkan konsentrasinya.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi pada Kamis (15/8) mengatakan, Kemendag akan dikerucutkan menjadi per segmen, yakni perdagangan dalam negeri diurus oleh Kementerian Perindustrian. Sedangkan urusan perdagangan luar negeri sendiri akan diambil alih oleh Kementerian Luar Negeri.

Ditemui di kompleks DPR, Sekretaris Jenderal Kemendag Oke Nurwan mengatakan, pihaknya masih mengikuti proses yang kini terus bergulir dan berkembang.

"Itu kita harus ikutin ya, saya belum tahu pasti perkembangannya seperti apa. Untuk itu saya akan siapkan, mekanismenya seperti apa," tuturnya di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Oke menjelaskan, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Sebab itu, dari pihaknya menegaskan akan terus mengikuti segala perkembangan pemerintahan kabinet jilid II kedepan.

"Kita lihat mekanismenya seperti apa, mesti apa, yang mana yang mau dipindahkan, harus kita siapkan. Saya akan menunggu dulu kepastiannya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemenperin atau Kementerian Perindustrian adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian.

    kemenperin

  • Kemendag

Video Terkini