Sukses

Meski Kebakaran, Kilang Minyak Balikpapan Tetap Operasi

Pertamina memastikan kebakarang yang terjadi di kilang Balikpapan tak mengganggu produksi perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Pertamina RU V berupaya maksimal memadamkan kebakaran yang terjadi di salah satu titik area Kilang RU V Balikpapan. Pada pukul 12.15 WITA api berhasil dipadamkan.

Manager Region Communication Relation dan CSR Kalimantan Heppy Wulansari mengatakan, sejak munculnya api sekitar Pukul 9.30 WITA petugas mengupayakan pemadaman api. Caranya mengerahkan empat unit mobil Pemadam Kebakaran dan satu unit trailer foam, dengan menggunakan media foam dan air.

"Alhamdulillah dalam waktu yang tidak terlalu lama api dapat dipadamkan," kata Heppy, di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Menurut Heppy, penanggulangan pasca kejadian masih terus dilakukan oleh tim Pertamina. Saat ini, kilang tetap beroperasi. Pertamina akan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kejadian tersebut.

Tim Pertamina sudah mengunjungi pemukiman masyarakat yang berada di sekitar kilang untuk memastikan masyarakat dalam keadaan aman.

"Kami juga sudah bagikan masker ke warga sekitar dan standby kan tim medis apabila dibutuhkan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kilang Kebakaran, Pemerintah Tak Segan Sanksi Pertamina

Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, kebakaran kilang Pertamina di Balikpapan tidak akan menggangu produksi Perseroan.

"Enggak ganggu produksi (Pertamina). Kecil saja, sudah selesai kok. Sudah dipadamkan," tuturnya di Kantor Pusat Kementerian ESDM, Kamis (15/8/2019).

Djoko menjelaskan, sampai saat ini tengah dilakukan proses investigasi terkait insiden kebakarnya kilang perusahaan pelat merah tersebut.

"Sedang kita investigasi. Makanya kita cek, apakah pengelasan, atau disitu ada yang ngrokok atau tidak, atau memang ada gesekan benda logam yg menimbulkan api, atau aliran statik. Kan kita ngisi bensin kalau sambil telpon menimbulkan arus pendek, ada elektromagnetik yang bisa menimbulkan api. Kita belum tahu, nanti kita lihat," jelasnya.

Dia pun menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi jika terbukti merupakan kesalahan perorangan.

"Ya kalau ditemukan kesalahan orang pasti kita sanksi, teguran," pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Kebakaran Kilang Padam, Pertamina Langsung Monitor Kondisi Warga

Tak butuh waktu lama, kebakaran di salah satu titik area Kilang Pertamina RU V Balikpapan sudah bisa diatasi. Api sudah padam.

Region Manager Communication Relation dan CSR Kalimantan Heppy Wulansari mengirimkan informasi resmi kepada Liputan6.com bahwa api diduga muncul sekitar pukul 09.30 WITA. Seluruh upaya kemudian dilakukan dan api berhasil dipadamkan pada pukul 12.15 WITA.

"Sejak munculnya api, petugas Pertamina memadamkan api dengan menggunakan media foam dan air dengan mengerahkan 4 unit mobil Pemadam Kebakaran dan 1 unit trailer foam. Alhamdulillah dalam waktu yang tidak terlalu lama api dapat dipadamkan," kata Heppy Wulansari, Kamis (15/08/2019).

Menurut Heppy, penanggulangan pasca kejadian masih terus dilakukan oleh tim Pertamina. Pertamina juga langsung melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kejadian tersebut.

"Saat ini, kilang tetap beroperasi. Tim dari Pertamina juga langsung mengunjungi pemukiman masyarakat yang berada di sekitar kilang untuk memastikan masyarakat dalam keadaan aman dan tidak ada kepanikan," kata Heppy.

Untuk memastikan dan berjaga-jaga, Pertamina juga sudah membagikan masker ke warga sekitar dan standby kan tim medis apabila dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.