Wajib Tiru, 4 Langkah Jitu Agar Keuangan Tak Goyang

Oleh Fitriana Monica Sari pada 20 Agu 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 20 Agu 2019, 06:00 WIB
pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan dan menemukan cara untuk menstabilkan keuangan pribadi.

Kesuksesan finansial hanyalah masalah pemikiran strategis. Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu merangkul pola pikir yang berbeda dan mendekati anggaran pribadi dari sudut pandang baru.

Berikut adalah empat kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan stabilitas keuangan dan kesuksesan Anda, seperti dikutip dari Laruno.id.

1. Analisis Biaya

Sebelum Anda mulai meningkatkan keuangan pribadi, Anda harus menganalisis pengeluaran harian. Ambil satu bulan percobaan untuk melacak semua biaya Anda dan buat daftar hal-hal yang dapat Anda hindari. Kurangi keperluan yang setidaknya tidak dibutuhkan, dan sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk ditabung.

2 dari 3 halaman

2. Tentukan Anggaran Bulanan

Tips Keuangan/mlg
Ilustrasi tips hemat/copyright unsplash.com/@belart84

Anggaran bulanan memiliki dua tujuan dasar: untuk mengingatkan Anda agar tidak membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan dan memberi Anda motif untuk mulai menabung uang.

Aplikasi Keuangan pribadi dapat membantu Anda mengendalikan uang Anda secara sederhana dan akurat, memungkinkan Anda untuk memantau kemajuan pengeluaran selama sebulan.

3. Buat Rencana Tahunan

Setelah Anda memindai dan merencanakan pengeluaran bulanan, Anda dapat membuat rencana anggaran tahunan.

Buatlah garis besar dengan unit terpisah untuk setiap bulan. Jangan lupa untuk memperhitungkan pengeluaran perhitungan yang hanya terjadi sekali atau dua kali setahun, seperti pajak.

Setelah itu, Anda harus membandingkan biaya dengan pendapatan tahunan Anda untuk melihat apakah mereka sesuai dengan anggaran.

3 dari 3 halaman

4. Buat Dana Darurat

banner infografis gaji pns dki
Ilustrasi Gaji

Dana darurat mutlak diperlukan jika Anda ingin mencegah masalah keuangan yang tidak terduga, tetapi masih banyak orang tidak memperhatikannya.

Tidak merencanakan dana darurat adalah kesalahan besar. Misalnya, Anda bisa kehilangan pekerjaan. Dalam hal ini, Anda memerlukan dana darurat untuk mencakup setidaknya 3 atau 4 bulan sebelum Anda menemukan posisi baru, jadi pastikan untuk mengumpulkan cukup uang untuk tujuan ini.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketingsales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Lanjutkan Membaca ↓