Cerita Luhut Rayu SoftBank Suntik Dana ke Startup Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 15 Agu 2019, 11:45 WIB
Purnawirawan TNI Cakra19 Dukung Jokowi - Ma'ruf di Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa startup perikanan lokal, Aruna sedang dipantau Softbank sebagai target investasi baru mereka. Hal itu terungkap dalam pembicaraan pribadi dengan CEO Softbank Masayoshi Son.

Luhut berkisah, pada sebuah kesempatan makan bersama dengan CEO Softbank tersebut dia meminta Masayoshi Son, untuk tidak hanya mendanai Grab saja, melainkan juga melirik startup lokal.

"Waktu Softbank datang, saya kan sempat tuh sarapan sama Masayoshi Son ketuanya, saya bilang kamu jangan cuma Grab aja dong, yang lokal juga dikasih," kata Luhut di Ritz Carlton Pacific Place, seperti ditulis Kamis (15/8/2019).

Pembicaraan tersebut kemudian berbuntut pada rencana investasi SoftBank ke perusahaan rintisan lokal, Aruna. Menurut Luhut, kini pihak Softbank sudah mengirim orang untuk membicarakan investasi dengan Aruna.

"Akhirnya bisa dapat kayaknya si Aruna itu, kabarnya sudah dikirim orang dari Softbank ke mereka," jelas Luhut.

Bahkan, Luhut juga menceritakan kini Aruna jadi rebutan para investor. Luhut pun mengatakan dengan kucuran dana dari para investor, tidak heran jika Aruna bisa menjadi unicorn suatu saat nanti.

"Sekarang malah jadi rebutan Aruna itu. Orang mau investasi, tahu-tahu jadi unicorn aja tuh nanti," tandas dia.

2 of 3

Menko Luhut: SoftBank Bakal Suntik Dana ke Startup Aruna

COO Aruna Indonesia Indraka Fadhlillah bersama salah satu nelayan binaan yang sudah menggunakan aplikasinya. Kredit Foto: Aruna Indonesia
COO Aruna Indonesia Indraka Fadhlillah bersama salah satu nelayan binaan yang sudah menggunakan aplikasinya. Kredit Foto: Aruna Indonesia

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, SoftBank Group berencana menambah suntikan investasi kepada salah satu startup milik Indonesia di sektor perikanan yaitu Aruna. Sebelumnya, bank asal Jepang itu sudah menyuntik dana USD 2 miliar kepada Grab Indonesia.

"Tadi juga bicara pada Aruna, mereka juga pengen masuk di Aruna kan janjiannya begitu, startup-startup baru," ujar Menko Luhut di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (13/8).

Aruna sendiri adalah perusahaan plarform yang menghubungkan nelayan dan pembeli ikan, berpartner dengan mitra logistik dan perbankan. Platform tersebut beberapa waktu terakhir terus mengalami perkembangan yang cukup pesat.

SoftBank pada Juli lalu juga menyatakan minatnya untuk berinvestasi pada salah satu e-commerce milik Indonesia yaitu Tokopedia. Langkah ini akan semakin memperbesar porsi investasi bank tersebut di Tokopedia.

SoftBank merupakan salah satu investor besar di industri start up berbasis teknologi. Selain Aruna dan Tokopedia, SoftBank juga berinvestasi di Indonesia melalui perusahaan ride sharing, Grab.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓