4 Tanda Anda Belum Siap Beli Rumah

Oleh Liputan6.com pada 18 Agu 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2019, 10:13 WIB
Geliat Pembangunan Hunian Mewah Pulau Reklamasi di tengah Polemik IMB

Liputan6.com, Jakarta - Membeli rumah merupakan keputusan yang sangat besar dalam hidup. Membeli rumah bisa untuk tempat tinggal maupun untuk investasi.

Namun membeli rumah tak mudah. Banyak yang harus disiapkan terutama dana. Alasannya, harga rumah yang merupakan kebutuhan pokok tidak murah. 

Jika Anda memiliki utang atau tidak memiliki dana darurat, mungkin Anda sebenarnya belum mampu membelinya saat ini.

Membeli rumah merupakan komitmen jangka panjang dan membutuhkan kekuatan finansial yang besar lebih dari sekedar mendapat gaji.

Berikut ini tanda Anda sebenarnya belum siap untuk membeli rumah:

 

1. Tidak memiliki dana darurat

Jika Anda pernah merasakan kemunduran finansial yang tidak terduga, maka saat itulah tabungan darurat dibutuhkan.

Sebaliknya jika Anda tidak memiliki tabungan darurat atau persiapan keuangan untuk hal-hal yang tidak terduga, bisa jadi Anda belum siap untuk bertangung jawab atas kepemilikan rumah.

2. Merencanakan pengeluaran besar dalam waktu dekat

Penting untuk mempertimbangkan anggaran perumahan dalam konteks tujuan masa depan. Jika Anda tidak memiliki rencana pengeluaran besar lainnya selain membeli rumah, maka bisa jadi Anda sudah siap memiliki rumah.

Tapi bila sebaliknya, Anda mungkin tidak siap menanggung tanggung jawab kepemilikan rumah dan tanggung jawab lainnya.

 

2 dari 3 halaman

3. Sedang terlilit utang

Berburu Rumah Murah di Indonesia Property Expo 2017
Pengunjung melihat maket rumah di pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tidak masalah memiliki hutang asal dalam jumlah yang sedikit. Jika Anda memiliki hutang yang banyak, bisa jadi menghambat Anda untuk membeli rumah. Sebab ketika Anda mengajukan hipotek, Anda akan ditanya mengenai semua hutang-hutang.

5. Tidak menyisihkan sisa uang

Walaupun Anda memiliki dana darurat, tetap saja Anda harus menyisihkan uang untuk tujuan lain yang di luar dugaan. Jika Anda tidak dapat menyisihkan, maka pertimbangkan untuk menunda pembelian rumah sampai finansial Anda lebih stabil.

Reporter: Chrismonica

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓