Jangan Abaikan ini Bila Berbisnis dengan Modal Kartu Kredit

Oleh Fitriana Monica Sari pada 14 Agu 2019, 08:31 WIB
Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta Berniat untuk segera terjun ke dunia bisnis, Anda tentu sudah mulai merencanakan berbagai hal terkait dengan bisnis yang Anda inginkan. Selain sebuah rencana, bisnis juga akan membutuhkan sejumlah modal awal.

Modal ini akan membantu Anda memenuhi berbagai kebutuhan bisnis dan juga menjalankan bisnis tersebut hingga benar-benar bisa berjalan lancar dan menghasilkan. Jumlah modal ini tentu akan sangat tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan.

Selain mengandalkan uang tabungan, kartu kredit juga menjadi sumber lainnya yang kerap dijadikan sebagai pilihan. Pada dasarnya, pengunaan kartu kredit sebagai sumber modal bisnis tidaklah direkomendasikan.

Hal ini dianggap kurang tepat, mengingat kartu kredit memiliki banyak resiko yang bisa saja membuat Anda mengalami masalah keuangan di kemudian hari, seperti: bunga yang tinggi, penunggakan pembayaran dan timbulnya berbagai biaya, bahkan hingga riwayat kredit yang buruk akibat kegagalan pembayaran.

Penting bagi Anda untuk memiliki pertimbangan yang tepat dan akurat terkait keuntungan dan risiko yang akan timbul akibat penggunaan modal dari kartu kredit ini. Selain itu, rencana bisnis yang matang tentu akan sangat Anda butuhkan sejak awal, agar penggunaan kartu kredit tersebut benar-benar bisa memberikan manfaat yang maksimal di dalam bisnis yang Anda jalankan.

Jika memang Anda butuh modal dari kartu kredit untuk berbisnis, jangan pernah abaikan tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Kartu yang Tepat

Masing-masing bank menyediakan produk kartu kredit yang cukup beragam, lengkap dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Anda akan sangat leluasa untuk memilih jenis kartu yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan, sehingga alat pembayaran tersebut bisa memberikan manfaat maksimal dalam bisnis.

Ada beberapa jenis kartu yang bisa Anda jadikan pertimbangan, seperti: yang memberikan reward menarik, yang menyediakan akses perjalanan dan tiket yang murah, yang menawarkan bunga rendah, atau bahkan yang memberikan limit kredit yang besar. Pilih jenis kartu yang tepat dan paling menguntungkan, sehingga bisa memberikan manfaat terbaik untuk bisnis yang Anda jalankan. 

2 of 4

2. Pahami Keuntungan dan Manfaatkan

Kartu Kredit
Ilustrasi Kartu Kredit (iStockphoto)

Pastikan Anda mengenal berbagai fitur di dalam kartu kredit yang Anda miliki, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kartu tersebut. Untuk mendukung bisnis yang Anda jalankan, manfaatkan berbagai fitur yang terdapat di dalam kartu kredit dengan cara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalankan.

3. Kenali Risiko dan Hindari

Meski akan menjadi sumber modal di dalam bisnis yang Anda jalankan, penggunaan kartu kredit tetap akan memiliki resiko di dalam keuangan Anda. penting bagi Anda untuk mengenali berbagai risiko ini dengan baik sejak awal, agar Anda bisa mengatasinya dengan baik.

Hindari berbagai risiko penggunaan kartu kredit Anda ini dengan rencana dan eksekusi bisnis yang tepat, sehingga bisnis tersebut bisa berhasil dengan baik dan mendatangkan keuntungan.

3 of 4

4. Gunakan dengan Aturan yang Jelas

Gesek Mesin Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Saat Anda menggunakan kartu kredit sebagai modal bisnis, maka Anda akan memiliki sejumlah utang. Artinya, Anda harus memiliki rencana yang tepat untuk melunasi kembali hutang tersebut dengan tepat waktu.

Hal ini penting, agar Anda tidak dikenakan sejumlah biaya dan juga bunga yang cukup tinggi. Pastikan Anda memiliki aturan yang jelas terkait penggunaan kartu kredit ini sejak awal, termasuk aturan untuk melunasinya dengan tepat waktu di kemudian hari. 

5. Manfaatkan Fitur dengan Maksimal

Saat Anda memiliki kartu kredit, Anda akan memiliki kesempatan untuk menggunakan fasilitas ini sekitar 40 hari tanpa bunga (terhitung sejak tanggal jatuh tempo/pelunasan hingga tanggal jatuh tempo berikutnya).

Selain itu, ada banyak fitur lainnya yang bisa Anda nikmati, seperti: gratis iuran tahunan, poin reward, cashback, cicilan 0 persen, dan yang lainnya. Manfaatkan semua fitur ini dengan maksimal untuk mendukung kesuksesan bisnis yang Anda jalankan.

4 of 4

6. Bayar Tepat Waktu dan Hindari Berbagai Biaya

Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Bayarlah tagihan kartu kredit tepat waktu, sehingga Anda tidak memiliki tunggakan. Hal ini juga akan membantu Anda menghindari berbagai biaya di dalam kartu kredit tersebut, seperti: biaya bunga, biaya denda, biaya over limit, dan yang lainnya. 

7. Gunakan secara Aktif

Meski hanya dipakai untuk kebutuhan bisnis, pastikan Anda tetap menggunakan kartu kredit dengan aktif. Hal ini penting, agar skor kredit Anda bisa tetap terjaga dan limit Anda bisa bertambah seiring dengan berlalunya waktu. Setidaknya, gunakanlah 30 persen limit kredit Anda setiap bulannya. 

Gunakan dengan Terencana dan Manfaatkan secara Maksimal

Penggunaan kartu kredit sebagai modal bisnis harus Anda lakukan dengan rencana yang tepat. Hal ini penting, untuk menghindari berbagai masalah dan juga kendala di dalam keuangan dan bisnis yang Anda jalankan. Gunakan dengan terencana dan manfaatkan berbagai fitur kartu kredit Anda dengan maksimal, agar bisnis Anda bisa berjalan sukses dan mendatangkan keuntungan.

Lanjutkan Membaca ↓