Banyak Dibenci, 5 Tips Keuangan Ini Justru Bantu Anda Jadi Kaya

Oleh Athika Rahma pada 13 Agu 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 19:04 WIB
6 Tips Keuangan untuk Pasangan Menikah

Liputan6.com, Jakarta - Apa tips keuangan yang biasa Anda dengar ketika harus menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi? Mengatur keuangan, mengelola gaji dan lainnya.

Memang terdengar mudah, tapi banyak godaan yang datang. Godaan ini meskipun disadari bakal menghamburkan duit, tetap saja dilakukan. Padahal kalau ditolak, Anda bisa jadi kaya raya meski gaji dan pendapatan tidak begitu besar.

Dikutip dari Yahoo Finance, Senin (12/08/2019), berikut beberapa tips keuangan yang sebenarnya tidak Anda sukai tapi bisa bikin kaya kalau diikuti:

1. Berhenti Beli Kopi

Siapa yang tidak minum kopi hari ini? Terutama generasi milenial, rasanya semua kalangan menikmati segelas kopi yang dibuat di coffee shop, meskipun kalau mau hemat mereka bisa bikin sendiri di rumah. Ada yang bilang, rasa kopi rumahan tentu beda dengan kopi yang diracik langsung di kedai.

Tapi ingat-ingat, berapa rupiah yang Anda habiskan hanya untuk secangkir kopi? Kalau jumlahnya masih bisa ditekan, silakan jadikan gaya hidup. Usahakan cari yang diskonan! Tapi kalau malah bikin keuangan sakit, sebaiknya berhenti bergaya dengan minum kopi seperti ini.

2 of 3

2. Bikin Bekal Sendiri di Rumah

Ilustrasi bekal.
Ilustrasi bekal nasi goreng./Copyright shutterstock.com

Banyak yang senang bikin bekal di rumah untuk di makan di kantor. Selain bersih dan enak, kebiasaan ini bisa menekan pengeluaran untuk makan. Tapi, banyak juga yang membenci melakukan ini karena terlalu ribet. Mereka harus bangun pagi untuk menyiapkan sarapan sedangkan tubuh masih ingin rebahan di kasur.

Sah-sah saja makan di luar saat istirahat kantor, tapi coba dihitung kembali berapa rupiah uang Anda habis hanya untuk makanan yang bisa dibuat sendiri di rumah?

3. Jangan Keseringan Belanja Online

Nah, ini penyakit yang mungkin susah dihilangkan dari anak muda sekarang. Saking gampangnya belanja dan isi dompet digital, kadang mereka tidak tahan kalau liat barang bagus dikit, apalagi kalau lagi diskon.

Sayangnya, kebanyakan barang yang dibeli justru tidak begitu penting, alias ketika sudah datang bakal disimpan begitu saja di lemari. Kalau sudah begini, bagaimana nasib uang bulanan yang terkuras dan harus bertahan sampai akhir bulan?

3 of 3

4. Jangan Sering Jajan di Luar

Jajanan Pinggir Jalan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kebiasaan orang-orang, rasanya kalau tidak pergi keluar untuk makan atau jajan sehari saja, mulut bakal aneh. Kalau malas keluar, mereka bakal pesan lewat layanan delivery online.

Padahal kalau sering-sering, bahaya juga buat kesehatan finansial. Pikirkan berapa biaya yang keluar kalau Anda sering main, mulai dari ongkos, beli minum saat haus, makan, beli cemilan dan lainnya.

Ditambah tidak sengaja lewat toko yang lagi diskon besar-besaran, tamatlah sudah. Jadi, jangan sering-sering main di luar saat bosan, ya! Lakukan saja kegiatan produktif di dalam rumah seperti beres-beres rumah, olahraga, memasak kue, belajar alat musik dan lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓