Citilink Buka Rute Baru Banyuwangi-Denpasar

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 10 Agu 2019, 13:00 WIB
Citilink menjadi maskapai pertama yang melakukan penerbangan komersil dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Liputan6.com/Septian Deny

Liputan6.com, Jakarta - Citilink Indonesia baru saja membuka rute penerbangan baru dengan tujuan Banyuwangi-Denpasar pulang-pergi (PP). Pembukaan rute baru ini telah dimulai sejak Jumat, 9 Agustus 2019 kemarin.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, langkah pembukaan rute ini merupakan upaya perusahaan dalam mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan konektivitas, khususnya di wilayah Jawa Timur maupun Bali.

 

"Jawa Timur maupun Bali merupakan daerah yang sama-sama memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang baik, sehingga kami berharap dengan dibukanya rute ini akan membantu percepatan pertumbuhan ekonomi di kedua daerah," ungkapnya lewat sebuah pernyataan tertulis, Sabtu (10/8/2019).

Penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar dengan nomor penerbangan QG 692 beroperasi setiap hari menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas angkut sebanyak 180 penumpang. Penerbangan yang dapat ditempuh dengan waktu 40 menit ini dijadwalkan berangkat dari Banyuwangi pada pukul 08.00 WIB dan tiba di Denpasar pukul 09.40 WITA.

Sedangkan penerbangan sebaliknya rute Denpasar-Banyuwangi dengan nomor penerbangan QG 693 dapat ditempuh dalam waktu 50 menit, dan dijadwalkan berangkat dari Denpasar pada pukul 10.05 WITA dan tiba di Banyuwangi pukul 09.55 WIB.

Juliandra menambahkan, selain sektor ekonomi, rute ini diharapkan juga dapat meningkatkan konektivitas di kedua daerah, khususnya dalam hal jumlah kunjungan wisata. Dia menyampaikan, Citilink Indonesia saat ini bukan satu-satunya maskapai yang membuka rute penerbangan langsung menuju Banyuwangi dan Bali.

"Penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar ini juga akan menambah opsi moda transportasi bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin bepergian dari Banyuwangi ke Denpasar dan sebaliknya. Dengan menggunakan moda transportasi pesawat, masyarakat dapat menempuh perjalanan dengan waktu yang lebih singkat," pungkas dia.

2 of 4

Citilink Mulai Turunkan Harga Tiket Pesawat

Penutupan Bandara Ngurah Rai Diperpanjang
Salah satu pesawat milik maskapai Citilink terparkir di areal Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11). Penutupan Bandara Ngurah Rai diperpanjang 24 jam sampai Rabu (29/11) karena dampak letusan Gunung Agung. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Citilink Indonesia mengimplementasikan kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia terkait penyesuaian harga tiket pesawat LCC sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) yang diberlakukan mulai hari ini, 11 Juli 2019.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan bahwa Citilink Indonesia memastikan implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan lancar. 

“Penyesuaian harga tiket ini sejalan dengan komitmen Citilink Indonesia dalam menyediakan penerbangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat," ujar dia dalam keterangannya, Kamis (11/7/2019).

Penurunan harga tiket pesawat sebesar 50 persen dari TBA diberlakukan untuk rute-rute tertentu dengan jadwal penerbangan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00 – 14.00 waktu setempat. 

Citilink Indonesia akan mengalokasikan 3.348 kursi dengan 62 penerbangan yang akan mengalami penyesuaian harga ini setiap harinya.

 

3 of 4

Daftar Rute

Citilink Terapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat
Citilink tercatat sebagai maskapai Indonesia pertama yang menerapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat.

Adapun rute-rute yang mengalami penyesuaian harga tiket diantaranya adalah rute Jakarta – Medan pp, Jakarta – Yogyakarta pp, Makassar – Surabaya pp, Jakarta – Denpasar pp, Balikpapan – Denpasar pp, Surabaya – Banjarmasin pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Batam – Pekanbaru pp, Jakarta – Pangkal Pinang pp, Jakarta – Bengkulu, Kertajati – Pekanbaru, Medan – Yogyakarta dan berbagai rute lainnya.

Juliandra menambahkan bahwa sejalan dengan kebijakan pemerintah, pihaknya akan terus melakukan review atas harga tiket pesawat dan berkolaborasi dengan stakeholders terkait untuk bersama-sama mencari solusi terbaik dalam rangka penyediaan penerbangan yang terjangkau bagi masyarakat.

“Walaupun ada penyesuaian harga tiket, kami tetap berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik sebagai premium LCC kepada seluruh pelanggan," tutup Juliandra.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓