Pentingnya Pahami Istilah Keuangan Sebelum Ambil Keputusan

Oleh Gilar Ramdhani pada 08 Agu 2019, 16:51 WIB
Diperbarui 12 Sep 2019, 14:43 WIB
Pentingnya Pahami Istilah Keuangan Sebelum Ambil Keputusan

Liputan6.com, Jakarta Terjun ke dalam dunia finansial atau keuangan dan investasi tidak cukup hanya dengan memiliki modal besar, kemauan dan bahkan keberuntungan, Anda juga perlu memiliki pengetahuan dasar dan istilah-istilah finansial yang cukup. Apalagi, saat ini ada banyak sekali jenis investasi dan layanan keuangan yang hadir di masyarakat mulai dari Perbankan, Reksadana, Asuransi hingga Investasi Emas.

Dari setiap jenisnya layanan keuangan tersebut, terdapat banyak istilah-istilah yang menggunakan bahasa asing dan memakai kata serapan. Pemahaman yang baik terhadap istilah keuangan memberikan manfaat penting buat kamu.

1. Membantu kamu untuk bisa mengelola investasi dan mengembangkan lini keuangan lebih maksimal.

2. Membantu kamu untuk berkomunikasi, bernegosiasi dengan maksimal sehingga dapat mengambil keputusan tepat yang menguntungkan.

3. Terpenting lagi, adalah menghindari risiko kegagalan dan penipuan dalam bisnis dan investasi.

Dalam dunia perbankan misalnya ada istilah Giro, Deposito, Agunan hingga Surat Berharga. Kemudian di investasi Reksadana misalnya ada istilah Manajer Investasi (MI), Bank Kustodian, Portofolio Efek, UP (Unit Penyertaan) dan juga Nilai Aktiva Bersih. NAB atau Nilai Aktiva Bersih adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih reksa dana setiap harinya jika diartikan secara sederhana. Dalam bahasa Inggris, NAB dikenal juga dengan istilah Net Asset Value (NAV).

Istilah di asuransi pun berbeda lagi, apalagi ada asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Beberapa istilah di asuransinya misalnya Akuisisi, Assignment, Automatic Premium Loan (APL), Cash Value, Cuti Premi, Flat Rate, Harga Unit, Jaminan Perlindungan, Klaim Akhir Kontrak, Klaim Tertunda, Masa Tenggang dan Tunggu, Pemegang Polis, dan Uang Pertanggungan. Uang pertanggungan merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan perusahaan asuransi kalau terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko yang dijamin dalam program asuransi.

Istilah-istilah di atas penting dipahami sebelum terjun ke bisnis dan investasi. Memang terdengar sulit, tapi jika Kamu segera memulai dan membaca tentu akan segera memahaminya. Mengetahui pengertian istilah keuangan sekarang semakin mudah di Kamus Keuangan Tokopedia.

Bingung suatu istilah artinya apa? Atau sudah baca definisi resminya namun penjelasannya masih kurang lengkap? Kamu bisa mendapatkan  informasi lebih lengkapnya di Kamus Keuangan Terlengkap di Tokopedia yang menyediakan arti dan informasi lengkap dari istilah-istilah keuangan baik itu istilah akuntansi, istilah perbankan hingga istilah keuangan dari bahasa asing.

Pengertian istilah di Kamus keuangan Tokopedia disusun berdasarkan berbagai sumber terpercaya seperti dari definisi Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI daring) hingga peraturan perundang-undangan terkait.

Temukan istilah keuangan yang ingin dicari berdasarkan indeks huruf awalannya. Kamus Keuangan Tokopedia akan memberikan pengertian lengkap disertai jenis-jenis hingga contoh konkritnya agar mudah dipahami. Daftar istilah keuangan akan selalu diperbarui agar semakin lengkap.

Selain menambah wawasan dan referensi dari Sahabat Liputan6.com, Kamus Keuangan Tokopedia juga bisa memberikan informasi cara pengelolaan keuangan pribadi. Di Tokopedia terdapat berbagai produk keuangan yang menarik seperti Pinjaman Online, Pengajuan Kartu Kredit, Pengajuan Asuransi hingga Investasi Reksa Dana dan Emas Online.

Yuk, manfaatkan Kamus Keuangan Tokopedia!

 

(Adv)