Sukses

Dorong Kredit, BI Siap Rilis Kebijakan Pelonggaran Likuiditas Perbankan

Ekonomi domestik masih memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan, BI akan menerapkan kebijakan yang sifatnya lebih akomodatif saat ini. Salah satu upaya tersebut membuka ruang lebar untuk pelonggaran likuiditas bank guna mendorong pertumbuhan kredit perbankan.

Karakteristik kebijakan akomodatif BI ini menyesuaikan dengan ketidakpastian perekonomian global yang kini terjadi.

"Dengan bauran kebijakan moneter, BI akan terus buka ruang untuk likuditas domestik sehingga bisa tumbuh perbankan dan juga kantor wilayah ada 46 dan dengan kanwil ini BI berkomitmen menjaga inflasi didaerah bisa supaya terkendali," tuturnya di Gedung MA, Rabu (7/8/2019).

Destry melanjutkan, ketidakpastian global memang masih menjadi tantangan untuk perekonomian Indonesia. Apalagi itu diperparah dengan naik-turunya tensi dagang antara Amerika Serikat (AS)-China.

"Perekonomian kedepan tidak mudah banyak tantangan global, misalnya perkembangan trade war seminggu terakhir masih ketidakpastian. Kemudian depresiasi terhadap dolar cukup signifikan. Perlu kita waspadai dan monitor bagaimana perkembangan yang terjadi di ekonomi global," paparnya.

Dia pun melanjutkan, ekonomi domestik masih memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi. Sebab itu, pihaknya menegaskan BI selaku bank sentral akan menerapkan kebijakan akomodatif untuk menjaga sekaligus menstimulus pertumbuhan ekonomi.

"Jadi kita berharap BI bisa lebih berkontribusi dalam menjaga stabilitas harga karena ini bukan hanya fenomena moneter saja tapi juga sektor riil yakni sisi supply and demandnya," tambah dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sah! Destry Damayanti Resmi jadi Deputi Gubernur Senior BI

Mahkamah Agung (MA) resmi melantik Destry Damayanti menjadi menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) periode 2019-2024. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI Muhammad Hatta Ali di Gedung Mahkamah Agung RI pada hari ini, Rabu (7/8/2019).

Ketua MA Hatta Ali menyampaikan berdasarkan surat Keputusan Presiden RI Nomor 74/P/Tahun 2019 tanggal 29 Juli 2019, Destry Damayanti telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior BI. 

"Sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur Senior BI wajib mengucapkan sumpah jabatan. Apakah anda bersedia mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan anda?," ujar Hatta Ali kepada Destry saat pelantikan di Gedung Mahkamah Agung RI, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Destry pun menyatakan kebersediaannya untuk mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Kemudian dia menerima naskah sumpah jabatan dari Mahkamah Agung, Rohaniwan pun mendekatkan Alquran pada Destry Damayanti.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Senior BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dari apapun tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada siapapun juga. Saya bersumpah dalam melakukan apapun dalam jabatan ini langsung atau tidak langsung ataupun janji dalam bentuk apapun. Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban tugas Deputi Gubernur Senior BI dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," ujar Destry.

Dengan demikian, saat ini Destry resmi menjadi bagian dari Dewan Gubernur BI, menggantikan posisi Mirza Adityaswara yang telah selesai masa baktinya.

Dalam pelantikan ini, turut hadir Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuanhan (OJK) Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.