Usai Dilantik, Destry Damayanti Langsung Tancap Gas Rapat Sampai Malam

Oleh Bawono Yadika pada 07 Agu 2019, 12:45 WIB
Diperbarui 07 Agu 2019, 13:17 WIB
Para srikandi di sektor keuangan berfoto bersama Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti.

Liputan6.com, Jakarta - Destry Damayanti dilantik menjadi menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) oleh Ketua Mahkamah Agung RI Muhammad Hatta Ali di Gedung Mahkamah Agung RI,  pada Rabu (7/8/2019) pagi.

Usai dilantik, Destry menuturkan bahwa nanti malam dirinya akan langsung melakukan rapat dengan jajaran BI dan siap untuk mengemban tugas negara.

"Rapat pertama saya nanti malam. Saya berkomitmen tinggi untuk menjalankan tugas dan fungsi BI sesuai dengan undang-undang yang ada," ujarnya di Gedung MA.

Destry Damayanti mengatakan, ke depan BI masih akan menerapkan kebijakan yang sifatnya akomodatif, terutama melihat situasi perekonomian global yang kian tidak pasti.

"Kami ke depan akan terus kembangkan kebijakan moneter yang sifatnya akomodatif. Kalau kita bisa jaga stabilitas makro maka market tidak perlu panik karena goncangan biasanya sifatnya sesaat. Tetapi tetap saja BI akan terus mengamati pasar," paparnya.

"Jadi kita berharap Jadi BI bisa lebih berkontribusi dalam menjaga stabilitas harga karena ini bukan hanya fenomena moneter saja tapi juga sektor riil yakni sisi supply and demand," tambah Destry Damayanti.

 

2 dari 2 halaman

Sah! Destry Damayanti Resmi jadi Deputi Gubernur Senior BI

MA Lantik Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior BI
Destry Damayanti memberi isyarat salam saat pelantikan dirinya sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia di Gedung MA, Jakarta, Rabu (7/8/2019). Destry dilantik menjadi Gubernur Senior BI periode 2019-2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mahkamah Agung (MA) resmi melantik Destry Damayanti menjadi menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) periode 2019-2024. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI Muhammad Hatta Ali di Gedung Mahkamah Agung RI pada hari ini, Rabu (7/8/2019).

Ketua MA Hatta Ali menyampaikan berdasarkan surat Keputusan Presiden RI Nomor 74/P/Tahun 2019 tanggal 29 Juli 2019, Destry Damayanti telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior BI. 

"Sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur Senior BI wajib mengucapkan sumpah jabatan. Apakah anda bersedia mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan anda?," ujar Hatta Ali kepada Destry saat pelantikan di Gedung Mahkamah Agung RI, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Destry pun menyatakan kebersediaannya untuk mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Kemudian dia menerima naskah sumpah jabatan dari Mahkamah Agung, Rohaniwan pun mendekatkan Alquran pada Destry Damayanti.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Senior BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dari apapun tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada siapapun juga. Saya bersumpah dalam melakukan apapun dalam jabatan ini langsung atau tidak langsung ataupun janji dalam bentuk apapun. Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban tugas Deputi Gubernur Senior BI dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," ujar Destry.

Dengan demikian, saat ini Destry resmi menjadi bagian dari Dewan Gubernur BI, menggantikan posisi Mirza Adityaswara yang telah selesai masa baktinya.

Dalam pelantikan ini, turut hadir Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuanhan (OJK) Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Lanjutkan Membaca ↓