Sukses

Hore, Listrik Sebagian Jakarta dan Sekitarnya Sudah Nyala Kembali

Listrik di daerah Jurang Mangu sudah menyala sekitar pukul 18.00 WIB, tetapi hanya satu jam karena pada pukul 19.00 WIB kembali padam.

Liputan6.com, Jakarta - Aliran listrik di sebagian wilayah Jakarta sudah mulai pulih usai padam sejak sekitar pukul 11.50 WIB. PT PLN (persero bergerak cepat menyelesaikan gangguan ini.

Indarto, warga Jalan Wilis, Pesanggrahan Jakarta Selatan, mengaku bahwa listrik di daerah tersebut mulai menyala sekitar pukul 18.00 WIB. "Listik sudah nyala lagi. Tapi sinyal internet masih naik turun," kata dia lepada Liputan6.com, Minggu (4/8/2019).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Hendra, warga Cilandak, Jakarta Selatan. "Cilandak sudah on dari jam 18.30 WIB," kata dia.

Salah satu kawasan di Jakarta Timur juga sudah mulai teraliri listrik. Hal itu diungkapkan seorang warga, Nafiysul Qodar. "Cijantung terang," ujar dia.

Masih di daerah Jakarta Timur, aliran listrik juga sudah kembali normal di Cakung. Namun begitu, tidak semua wilayah tersebut telah menyala. "Cakung ternyata belum merata nyalanya," kata Muti.

Sedangkan Vega, warga Cilebut Bogor juga mengatakan bahwa listrik di daerah tersebut sudah mulai menyala pada pukul 19.30 WIB. "Cilebut udah nyala," jelas dia. 

Berbeda, Magdalena, warga wilayah Jurang Mangu Tangerang Selatan, mengatakan bahwa listrik sudah menyala sekitar pukul 18.00 WIB tadi. Namun hanya satu jam karena pada pukul 19.00 WIB kembali padam. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PLN: Pemadaman Listrik Maksimal Jam 00.00 WIB

PT PLN (Persero) memastikan bahwa mati lampu yang terjadi di Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah tidak akan sampai pukul 00.00 WIB (dini hari). Saat ini PLN telah melakukan pemulihan dan beberapa wilayah sudah kembali terang.

"Kalau Jakarta kita perkirakan memakan waktu 3 jam. Kalau Jawa Barat dan Banten 4 jam sampai 5 jam. Mudah mudahan tidak lewat pukul 00.00 WIB," tutur Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani di Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019). Hitungan 3, 4 hingga 5 jam tersebut mulai pukul 16.27 WIB.  

Artinya, untuk wilayah Jakarta bisa diperkirakan normal kembali sekitar pukul 19.27 WIB. Sedang untuk wilayah Jawa Barat dan Banten sekitar pukul 21.27 WIB.

Inten menegaskan, saat ini PLN terus berupaya memasok listrik kembali dari timur ke barat untuk memulihkan pemadaman listrik yang terjadi.

"Kita memerlukan waktu karena perjalanan tadi ke PLTGU Muara Karang. Insha Allah mudah-mudahan berjalan lancar proses recovery," ujarnya.

Dia pun menjelaskan, PLN terus mengoptimalkan proses recovery dari kantor pusat sebagai pengatur beban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.