Universitas Harvard Cetak Orang Kaya Paling Banyak di Dunia

Oleh Tommy Kurnia pada 03 Agu 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2019, 15:13 WIB
20170525-Mark Zuckerberg Mendapatkan Gelar Doktor Kehormatan dari Harvard-AP

Liputan6.com, Cambridge - Laporan Wealth-X mengungkap bahwa universitas yang paling banyak mencetak orang kaya adalah Universitas Harvard di Amerika Serikat (AS). Alumni kaya pada daftar ini disebut individual Ultra High Net Worth (UNHW) yang memiliki harta di atas USD 30 juta atau Rp 424 miliar (USD 1 = Rp 14.188)

Total ada 13.650 alumni Harvard yang memiliki harta di atas USD 30 juta. Jumlah itu mengalahkan seluruh universitas di dunia.

Universitas Harvard berlokasi di Cambridge, Massachusetts, dan bagian dari Ivy League alias daftar delapan universitas swasta elit di timur laut AS. Tercatat pula ada tujuh presiden AS yang lulus dari Harvard, termasuk Barack Obama, George W. Bush, dan John F. Kennedy.

Namun, laporan Wealth-X tidak menghitung mereka yang tak menyelesaikan kuliah atau mendapat gelar kehormatan. Artinya, miliarder Mark Zuckerberg dan Bill Gates tak dihitung daftar ini karena tak tamat studi di Harvard.

Menurut perhitungan Wealth-X, 79 persen kekayaan alumni Harvard adalah hasil usaha sendiri alias self-made, 4 persen hasil warisan, dan 12 persen gabungan warisan dan usaha.

Jumlah alumni kaya raya dari Universitas Harvard jauh di atas unirvesitas ivy league lain, seperti Universitas Yale (2.400 orang), Universitas Cornell (2.245), dan Universitas Colombia (3.925).

Lebih lanjut, Institut Teknologi Massachusetts yang terkenal dengan jurusan tekniknya memiliki 2.785 alumni kaya raya, sementara Universitas Stanford di California berada di peringkat dua dengan 5.580 alumni kaya raya.

Bagaimana dengan di luar AS? Universitas Cambridge tampil di peringat tujuh dengan 2.760 alumni kaya raya. Pada peringkat ke 13 barulah muncul Universitas Oxford dengan 2.290 alumni.

 

2 of 4

Bagaimana dengan China?

Presiden AS Donald Trump didampingi Presiden China Xi Jinping saat upacara penyambutannya di Beijing
Presiden AS Donald Trump didampingi Presiden China Xi Jinping saat upacara penyambutannya di Beijing (AP Photo/Andrew Harnik)

Sedikit kejutan di daftar ini adalah fakta bahwa Universitas Nasional Singapura menjadi perwakilan nomor satu di Asia. UNS memiliki 1.890 alumni kaya raya dan berada di peringkat 21.

Bagaimana dengan China? Universitas di China yang paling banyak menghasilkan orang kaya adalah Universitas Tsinghua dan Universitas Peiking yang berlokasi di Beijing, masing-masing memiliki 1.090 dan 905 alumni kaya raya.

3 of 4

Ini 7 Universitas Terbaik Dunia 2019, Harvard dan Stanford Masuk Daftar

Stanford University
Stanford University

Harvard University dan Stanford University ternyata masuk dalam jajaran kampus bergengsi dan terbaik di dunia. Dilansir dari US News berikut 7 universitas terbaik di dunia 2019 berdasarkan metode dan aspek-aspek misi penelitian yang ada di sekolah tersebut.

1. Universitas Harvard

Universitas Harvard adalah salah satu universitas terbaik yang berhasil melahirkan tokoh-tokoh dunia yang berpengaruh seperti Barack Obama, Mark Zuckerberg, Bill Gates, Kareena Kapoor dan masih banyak lagi.

Harvard didirikan tahun 1636 yang merupakan universitas tertua yang ada di Amerika Serikat.

2. Institut Teknologi Massachusetts

Universitas ini dibangun pada tahun 1861 yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts dekat Boston. Universitas ini memiliki 5 fakultas yaitu Architecture and Planning, Engineering, Humanities, Arts dan Social Science, Management dan Science.

3. Universitas Stanford

Berada di California, Universitas Stanford dibangun tahun 1885. Stanford memiliki program pascasarjana dengan program terbaik dengan jurusan Humanities and Science, Earth Science, Engineering, The Bussiness, Law, Education and Medical Shcools.

4. Universitas California—Berkeley

Univeristas ini dibangun tahun 1868 dimana 70 persen mahasiswa dalam program S1. Universitas of California memiliki beberapa fakultas seperti Haas School of Business, College of Chemistry, College of Engineering, School of Public Health dan School of Law.

5. Universitas Oxford

Oxford berlokasi di Inggris yang diduga mulai dibangun tahun 1096 berlokasi 60 mil dari London. Universitas ini juga melahirkan banyak alumni hebat seperti Stephen Hawking, Theresa May, Rowan Atkinson, Emma Watson dan masih banyak lagi. Oxford memiliki empat fakultas utama yaitu Medical Science, Humanities, Mathematical dan Physical and Life Science.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓