Sukses

6 Ide Sederhana Ini Bikin Orang Dapat Predikat Miliarder

Beberapa miliarder justru kaya karena berangkat dari ide yang sederhana. Beberapa mengusung solusi yang dibutuhkan untuk permasalahan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kali membayangkan miliarder, pasti yang terlintas di benak Anda adalah gagasan bisnis yang hebat, brilian, jenius dan sempurna.

Nyatanya, tidak juga. Beberapa miliarder ini justru kaya raya karena berangkat dari ide yang sangat sederhana. Beberapa mengusung solusi yang dibutuhkan untuk permasalahan masyarakat. Ada juga yang tidak sengaja menemukan idenya.

Dikutip dari Business Insider, Kamis (1/8/2019), berikut beberapa ide sederhana yang bikin orang jadi miliarder:

1. Google

Ketika itu, dua orang mahasiswa yang sedang menempuh gelar doktor, Larry Page dan Sergey Brin berpikir untuk membuat mesin pencari yang bisa membantu semua orang mencari apapun yang ingin mereka ketahui.

Akhirnya, lahirnya Google yang saat ini kapitalisasi pasarnya lebih dari USD 800 miliar dan bisnisnya merambah ke lini yang lain, termasuk Youtube dan Android.

2. Facebook

Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard yang kena DO (drop out), berpikir untuk menghubungkan seluruh orang di dunia dalam satu jaringan.

Facebook pun kemudian lahir dengan situs web thefacebook.com. Kurang dari satu dekade, perusahaan yang miliarder ini bisa punya kapitalisasi pasar lebih dari USD 500 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bloomberg

Selama bekerja menjadi broker di Wall Street pada 1970, Michael Bloomberg menemukan fakta kalau perusahaan besar rela membayar besar untuk informasi bisnis terpercaya. Dari hasil pemikiran itu, lahirlah Bloomberg, yang saat ini bernilai lebih dari USD 50 miliar.

4. Alibaba

Meski ditolak bekerja berpuluh kali, menciptakan startup yang terus menerus gagal, semangat Jack Ma tidak pernah padam. Dia mencoba menyederhanakan eksportir yang ingin menjajakan produknya, sehingga konsumen bisa langsung membelinya.

Eksportir untung, konsumen lebih hemat. Ide ini dituang ke dalam situs web Alibaba, yang membuatnya jadi miliarder yang kebingungan habiskan uang. Saat ini, Alibaba bernilai lebih dari USD 400 miliar.

3 dari 3 halaman

5. WhatsApp

Awalnya, Jan Koum dan temannya, Brian Acton, berpikir untuk memiliki buku telepon yang dengan mudah memperlihatkan nama dan status orang di kontak, apakah bisa ditelepon atau tidak. Akhirnya, lahirlah aplikasi media sosial WhatsApp yang telah digunakan lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia.

6. Go Pro

Sebagai seorang peselancar (surfer), Nick Woodman sering merasa kesulitan mengambil foto yang bagus ketika dirinya berselancar.

Dia terpikir untuk menciptakan kamera yang bisa membantu peselancar mendapat foto kegiatan mereka dengan baik, dan lahirlah Go Pro yang kapitalisasi pasarnya sekarang mencapai lebih dari USD 800 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.