Ingin Beli Rumah Pertama? Baca Tips Ini Biar Tak Menyesal

Oleh Fitriana Monica Sari pada 28 Jul 2019, 09:00 WIB
Indonesia Properti Expo 2019

Liputan6.com, Jakarta - Membeli rumah bukan perkara mudah. Biayanya yang tidak murah bisa jadi perkara bagi sebagian besar orang. Untuk itu, Anda harus benar-benar mengumpulkan dana untuk membeli rumah impian.

Dalam memilihnya, Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai hal agar mendapatkan hunian terbaik. Beberapa tips dari Swara Tunaiku ini akan menuntun Anda agar aman saat kali pertama membeli rumah.

Memastikan Kondisi Keuangan Tetap Aman

Dana adalah persiapan utama dalam membeli rumah. Hunian untuk seluruh anggota keluarga ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karenanya, Anda perlu mempersiapkan semua dana pembelian rumah.

Saat dana sudah mencukupi untuk membeli rumah, tetap pastikan bahwa dana tersebut benar-benar sudah cukup atau belum.

Pastikan pula bahwa ketika dana tersebut terpakai untuk membeli rumah, semua kebutuhan sudah terpenuhi. Jangan sampai keputusan membeli rumah ini justru membebani kondisi finansial untuk memenuhi kebutuhan lain.

Dengan ini, ada baiknya sejak awal Anda mempersiapkan dana pembelian rumah secara khusus agar tidak bercampur dengan dana lainnya.

2 of 7

Menentukan Cara Pembelian Rumah

Berburu Rumah Murah di Indonesia Property Expo 2017
Maket rumah yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah memutuskan untuk membeli rumah dengan dana yang sudah terkumpul, Anda harus menentukan cara pembelian rumah. Anda akan membeli rumah secara tunai atau kredit. Agar tidak salah pilih, Anda harus mempertimbangkan keduanya.

Pembelian secara tunai lebih baik dilakukan ketika dana benar-benar sudah sesuai dengan harga rumah. bahkan, Anda bisa mendapat potongan.

Berbeda dengan pembelian kredit. Opsi ini diambil ketika dana yang terkumpul ternyata belum sesuai dengan harga rumah yang dipilih. Oleh karena itu, Anda dapat mengangsur pembelian rumah yaitu harga pokok ditambah biaya kredit.

Sistem kredit ini dikenal dengan nama KPR. Agar terjamin, Anda harus memilih KPR yang sesuai kemampuan dan layanannya terpercaya.

 

3 of 7

Jangan Menunda Waktu Pembelian Rumah

Indonesia Properti Expo 2019
Maket perumahan yang ditawarkan pada Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Sabtu (2/2). Kegiatan yang digelar 2-10 Februari itu menargetkan penyaluran kredit baru senilai Rp 6 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tips berikutnya adalah jangan menunda waktu untuk membeli rumah. Tempat tinggal adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sebagai tempat tinggal. Anda akan merasa nyaman jika tinggal di rumah sendiri.

Meskipun harus membeli rumah secara kredit, berusahalah mengambilnya karena harga rumah akan terus meningkat setiap tahunnya. Jangan menunggu beli sederhana asalkan memadai.

Berikutnya, Anda bisa membeli lagi rumah yang lebih bagus jika sudah rumah ketika sudah mampu membeli rumah mewah. Anda bisa beli tunai sebuah rumah mempunyai dana tambahan.

 

4 of 7

Menentukan Lokasi Strategis

Berburu Rumah Murah di Indonesia Property Expo 2017
Maket rumah yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lokasi sangat penting ditentukan sejak awal ketika hendak membeli rumah. Anda harus melihat secara langsung lokasi rumah yang akan dibeli.

Pilihlah rumah yang lokasinya strategis dengan akses yang mudah ke jalan raya dan fasilitas umum lainnya. Dengan akses yang mudah, segala aktivitas Anda dan keluarga akan berjalan lancar.

Untuk mendapatkan lokasi strategis, Anda tak harus membeli rumah di pusat kota. Jangan ragu membeli rumah di pinggiran kota, asalkan masih mudah diakses.

Lagipula, harga rumah yang berlokasi di pinggir kota akan lebih terjangkau.

 

5 of 7

Menentukan Tipe Rumah yang Diminati

20160908-Properti-Jakarta-AY
Sebuah maket perumahan di tampilkan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Sepanjang semester I-2016, pertumbuhan KPR mencapai 8,0%, sehingga diperkirakan pertumbuhan KPR hingga semester I-2017 menjadi 11,7%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejak awal membeli rumah, Anda harus memutuskan tipe rumah yang sesuai kebutuhan. Perhatikan ukuran rumah yang cocok untuk ditempati bersama seluruh anggota keluarga. Pastikan agar kapasitasnya memadai.

Anda juga harus menentukan model rumah apakah akan bertingkat atau tidak. Pastikan pula agar gaya arsitekturnya sesuai dengan selera Anda dan keluarga.

 

6 of 7

Memilih Developer yang Tepercaya

Berburu Rumah Murah di Indonesia Property Expo 2017
Pengunjung melihat maket rumah di pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemilihan developer terpercaya sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran proses pembelian rumah. Pilihlah pengembang dengan layanan lengkap dan terjamin keamanannya.

Kerja sama yang baik akan memudahkan dalam seluruh proses pembelian rumah dari pemilihan, konsultasi, sampai pembayaran dan serah terima.

 

7 of 7

Mempelajari Izin Pembangunan Rumah

20160908-Properti-Jakarta-AY
Sebuah maket perumahan di tampilkan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Penurunan DP KPR rumah kedua dan ketiga juga turun masing-masing menjadi 20% dan 25%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelum melakukan pembayaran, hendaknya Anda memeriksa keabsahan sertifikat rumah dengan menggandeng notaris. Pemeriksaan ini menjadi langkah tepat agar Anda mendapatkan rumah yang legal dari sisi hukum.

Jangan sampai perizinan justru mempersulit.

Dalam praktiknya, diperlukan kecermatan dalam pembelian rumah. Melalui berbagai tindakan tersebut, Anda akan terlindungi dan tak akan salah pilih rumah. Kemampuan finansial juga tidak akan terbuang sia-sia karena berhasil menemukan rumah impian.

Jadi, bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah, tak perlu cemas. Ikutilah rangkaian tips di atas agar aman.

Lanjutkan Membaca ↓