Sukses

Ingin Beli Rumah Pertama? Baca Tips Ini Biar Tak Menyesal

Membeli rumah bukan perkara mudah. Biayanya yang tidak murah bisa jadi perkara bagi sebagian besar orang.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli rumah bukan perkara mudah. Biayanya yang tidak murah bisa jadi perkara bagi sebagian besar orang. Untuk itu, Anda harus benar-benar mengumpulkan dana untuk membeli rumah impian.

Dalam memilihnya, Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai hal agar mendapatkan hunian terbaik. Beberapa tips dari Swara Tunaiku ini akan menuntun Anda agar aman saat kali pertama membeli rumah.

Memastikan Kondisi Keuangan Tetap Aman

Dana adalah persiapan utama dalam membeli rumah. Hunian untuk seluruh anggota keluarga ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karenanya, Anda perlu mempersiapkan semua dana pembelian rumah.

Saat dana sudah mencukupi untuk membeli rumah, tetap pastikan bahwa dana tersebut benar-benar sudah cukup atau belum.

Pastikan pula bahwa ketika dana tersebut terpakai untuk membeli rumah, semua kebutuhan sudah terpenuhi. Jangan sampai keputusan membeli rumah ini justru membebani kondisi finansial untuk memenuhi kebutuhan lain.

Dengan ini, ada baiknya sejak awal Anda mempersiapkan dana pembelian rumah secara khusus agar tidak bercampur dengan dana lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menentukan Cara Pembelian Rumah

Setelah memutuskan untuk membeli rumah dengan dana yang sudah terkumpul, Anda harus menentukan cara pembelian rumah. Anda akan membeli rumah secara tunai atau kredit. Agar tidak salah pilih, Anda harus mempertimbangkan keduanya.

Pembelian secara tunai lebih baik dilakukan ketika dana benar-benar sudah sesuai dengan harga rumah. bahkan, Anda bisa mendapat potongan.

Berbeda dengan pembelian kredit. Opsi ini diambil ketika dana yang terkumpul ternyata belum sesuai dengan harga rumah yang dipilih. Oleh karena itu, Anda dapat mengangsur pembelian rumah yaitu harga pokok ditambah biaya kredit.

Sistem kredit ini dikenal dengan nama KPR. Agar terjamin, Anda harus memilih KPR yang sesuai kemampuan dan layanannya terpercaya.

 

3 dari 7 halaman

Jangan Menunda Waktu Pembelian Rumah

Tips berikutnya adalah jangan menunda waktu untuk membeli rumah. Tempat tinggal adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sebagai tempat tinggal. Anda akan merasa nyaman jika tinggal di rumah sendiri.

Meskipun harus membeli rumah secara kredit, berusahalah mengambilnya karena harga rumah akan terus meningkat setiap tahunnya. Jangan menunggu beli sederhana asalkan memadai.

Berikutnya, Anda bisa membeli lagi rumah yang lebih bagus jika sudah rumah ketika sudah mampu membeli rumah mewah. Anda bisa beli tunai sebuah rumah mempunyai dana tambahan.

 

4 dari 7 halaman

Menentukan Lokasi Strategis

Lokasi sangat penting ditentukan sejak awal ketika hendak membeli rumah. Anda harus melihat secara langsung lokasi rumah yang akan dibeli.

Pilihlah rumah yang lokasinya strategis dengan akses yang mudah ke jalan raya dan fasilitas umum lainnya. Dengan akses yang mudah, segala aktivitas Anda dan keluarga akan berjalan lancar.

Untuk mendapatkan lokasi strategis, Anda tak harus membeli rumah di pusat kota. Jangan ragu membeli rumah di pinggiran kota, asalkan masih mudah diakses.

Lagipula, harga rumah yang berlokasi di pinggir kota akan lebih terjangkau.

 

5 dari 7 halaman

Menentukan Tipe Rumah yang Diminati

Sejak awal membeli rumah, Anda harus memutuskan tipe rumah yang sesuai kebutuhan. Perhatikan ukuran rumah yang cocok untuk ditempati bersama seluruh anggota keluarga. Pastikan agar kapasitasnya memadai.

Anda juga harus menentukan model rumah apakah akan bertingkat atau tidak. Pastikan pula agar gaya arsitekturnya sesuai dengan selera Anda dan keluarga.

 

6 dari 7 halaman

Memilih Developer yang Tepercaya

Pemilihan developer terpercaya sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran proses pembelian rumah. Pilihlah pengembang dengan layanan lengkap dan terjamin keamanannya.

Kerja sama yang baik akan memudahkan dalam seluruh proses pembelian rumah dari pemilihan, konsultasi, sampai pembayaran dan serah terima.

 

7 dari 7 halaman

Mempelajari Izin Pembangunan Rumah

Sebelum melakukan pembayaran, hendaknya Anda memeriksa keabsahan sertifikat rumah dengan menggandeng notaris. Pemeriksaan ini menjadi langkah tepat agar Anda mendapatkan rumah yang legal dari sisi hukum.

Jangan sampai perizinan justru mempersulit.

Dalam praktiknya, diperlukan kecermatan dalam pembelian rumah. Melalui berbagai tindakan tersebut, Anda akan terlindungi dan tak akan salah pilih rumah. Kemampuan finansial juga tidak akan terbuang sia-sia karena berhasil menemukan rumah impian.

Jadi, bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah, tak perlu cemas. Ikutilah rangkaian tips di atas agar aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini