Ingin Berbisnis? Yuk Kenali Dulu Manfaat Hak Merek, Hak Cipta, dan Hak Paten

Oleh Fitriana Monica Sari pada 27 Jul 2019, 09:00 WIB
Sukses Berbisnis di Usia Muda Telah Jadi Gaya Hidup, Apa Saja Kiatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam berbisnis, banyak hal harus diatur. Tak hanya soal manajemen produksi, ada hal yang lebih penting, yakni pengakuan hak perusahaan.

Agar semua hal yang dihasilkan perusahaan diakui dengan baik, diperlukan perolehan hak merek, hak cipta, dan hak paten.

Ketiga hak tersebut mampu menjamin kredibilitas perusahaan. Secara rinci, berikut inilah berbagai peran pentingnya menurut Swara Tunaiku!

Jaminan Perlindungan Hukum

Perlindungan hukum sangat penting bagi suatu perusahaan. Sebagai pengusaha, Anda harus mendaftarkan perusahaan untuk mendapatkan pengakuan hukum mengenai merek, daya cipta, dan penemuan.

Dengan perolehan hak merek, semua brand perusahaan dapat diakui secara sah oleh hukum. Daya cipta perusahaan juga berkekuatan hukum dengan adanya hak cipta. Semua penemuan dalam hal ide, produk, dan inovasi lainnya bisa dipatenkan melalui hak paten. Semua hak tersebut mampu menjamin adanya perlindungan hukum untuk perusahaan.

 

2 of 5

Menambah Kepercayaan Konsumen

Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis
Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis. Kredit: Freepik

Dengan adanya hak merek, hak cipta, dan hak paten, Anda akan mendapatkan kepercayaan konsumen. Mengapa? Merek dan daya cipta dari perusahaan Anda sudah sah dan diakui secara hukum berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku melalui hak merek dan hak cipta.

Bahkan, dimilikinya hak paten membuktikan bahwa semua penemuan dari perusahaan sudah dipatenkan atau disahkan hanya dimiliki oleh perusahaan tersebut dan tidak ada yang lain. Dengan demikian, penemuan perusahaan terbukti orisinal dan dijamin tidak ada pihak lain yang berhak mengklaim atau menirunya. Pada akhirnya, konsumen percaya pada dedikasi perusahaan.

Memberikan Keuntungan Tambahan

Mendaftarkan perusahaan untuk mendapatkan ketiga hak tersebut merupakan suatu keharusan demi masa depan yang baik. Pengakuan berupa hak-hak tersebut akan mendatangkan passive income dalam bisnis. Orang lain yang memakai hasil karya Anda harus pula membayar royalti atau lisensi dari produk yang diciptakan dan harus mendapatkan izin dari perusahaan. 

3 of 5

Sebagai Aset Perusahaan

Ilustrasi bisnis
Ilustrasi bisnis kreatif (sumber: Pixabay)

Kabar baik berikutnya adalah bahwa hak merek, hak cipta, dan hak paten perusahaan bisa menjadi aset yang tidak berwujud bagi perusahaan. Hak merek yang sudah didaftarkan mampu menunjang keperluan branding perusahaan untuk menarik para investor yang nantinya akan membantu permodalan keuangan. Dengan demikian, hak merek ini sangat berharga untuk kemajuan bisnis.

Hak cipta yang melindungi segala bentuk ide dan hasil karya perusahaan juga menjadi aset penting bagi pengakuan penemuan perusahaan. Tidak ada perusahaan lain yang bisa mengakuinya, kecuali dengan lisensi atas hasil karya yang diproses melalui perjanjian dengan perusahaan pemilik. Hak paten juga sangat berkekuatan hukum dan menjadi aset penting dalam pengukuhan penemuan.

Mengurangi Plagiarisme

Plagiarisme sangat merugikan berbagai pihak. Dalam bisnis, tindakan plagiarisme sangat meresahkan dan mengancam. Dengan adanya pengakuan dan pengesahan hak merek, hak cipta, dan hak paten, semua pihak akan mengakuinya. Jadi, tindakan plagiarisme bisa dikurangi karena semua penemuan perusahaan sudah dilindungi hukum. Undang-undang akan melindungi bisnis.

 

4 of 5

Menghindari Eksploitasi Karya

Ilustrasi
Ingin Membangun Bisnis tapi Masih Bingung Mulai dari Mana? Yuk, Coba Lima Tips Ini!

Eksploitasi karya juga bisa terjadi jika tidak adanya perlindungan atas penemuan perusahaan. Tindakan klaim dan plagiarisme bisa terjadi. Melalui pendaftaran hak merek, hak cipta, dan hak paten, pihak lain tidak akan berani melakukan klaim ataupun plagiarisme untuk keperluan komersial atau yang disebut dengan tindakan eksploitasi.

Mengurangi Kompetitor

Kompetitor tidak selalu merupakan hal baik dan bisa menghambat jalannya bisnis. Dengan mendaftarkan ketiga hak tersebut, pertumbuhan kompetitor bisnis serupa bisa dikurangi karena pebisnis lainnya akan terjerat hukum apabila menggunakan merek, produk, dan penemuan yang sama dengan perusahaan Anda.

 

5 of 5

Memperluas Jangkauan Bisnis

Ilustrasi bisnis desain
Ilustrasi bisnis desain (sumber: Pixabay)

Jangkauan bisnis semakin luas dengan mengantongi ketiga hak tersebut. Pengembangan bisnis dapat dilakukan lebih mudah karena semua pihak percaya akan kemampuan perusahaan. Kredibilitas perusahaan tidak akan diragukan lagi.

Mengingat pentingnya pengakuan hak-hak tersebut, suatu perusahaan harus mengupayakan perolehannya. Setelah perusahaan mendaftarkan dan memperoleh hak ini, berbagai peluang yang ada dapat dimanfaatkan demi kemajuan perusahaan dan pemenuhan kebutuhan konsumen secara layak. Dengan pengakuan ketiga hak merek, hak cipta, dan hak paten, konsumen menjadi yakin.

Lanjutkan Membaca ↓