Sukses

Pertamina Gandeng TNI Amankan Aset Negara

PT Pertamina (Persero) dan TNI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk menunjang kegiatan operasi perusahaan dan pertahanan negara.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) dan TNI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk menunjang kegiatan operasi perusahaan dan pertahanan negara.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, kerjasama ini meliputi penguatan kegiatan teritorial TNI, pengamanan objek vital nasional strategis dan objek lainnya, bantuan data dan informasi.

Ruang lingkup lain dalam kerjasama ini adalah penegakan hukum terhadap oknum TNI, pelatihan dan pemanfaatan fasilitas, serta penyaluran bantuan tanggung jawab osial lingkungan untuk kepentingan negara.

"Penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan kelanjutan MoU yang sudah berjalan sebelumnya yang akan diturunkan menjadi sejumlah perjanjian kerja sama (PKS)," kata Nicke di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Menurutnya, sebagai perusahaan energi terbesar milik negara, Pertamina memiliki aset strategis yang besar dan luas untuk membangun kemandirian energi nasional. Ia berharap sinergi dan hubungan harmonis antara Pertamina bersama TNI dapat terus terjalin dengan baik ke depannya.‎

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aset Pertamina

Aset Pertamina yang diklasifikasikan sebagai objek vital nasional (obvitnas) tersebut tercatat mulai dari aset eksplorasi dan produksi, kilang pengolahan, perkapalan dan pipa distribusi, penyimpanan, transportasi, serta bahan bakar minyak dan gas serta stasiunnya. Aset tersebut tersebar di darat dan laut, di seluruh Indonesia maupun beberapa negara di dunia.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada TNI yang senantiasa mendukung keamanan dan kelancaran aktivitas operasional bisnis dan aset Pertamina," tutur Nicke.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Hadir pula Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yayu Sutisna, Direksi Pertamina, dan direksi anak perusahan Pertamina.

3 dari 3 halaman

Pertamina Jajaki Kerja Sama dengan Perusahaan Migas UEA

Pertamina dan The Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) menandatangani Comprehensive Strategic Framework (CSF), untuk menjajaki peluang kerjasama di seluruh mata rantai bisnis minyak dan gas baik di Uni Emirat Arab (UEA), Indonesia serta internasional.

Penandatanganan perjanjian dilakukan oleh Menteri Negara UEA dan CEO ADNOC Group Sultan Ahmed Al Jaber dan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Nicke mengatakan, dengan perjanjian ini, Pertamina dan ADNOC akan menjajaki peluang kerjasama di sektor hulu hingga hilir. Proyek yang menjadi pertimbangan termasuk partisipasi di sektor hulu migas UAE, kilang, petrokimia, LNG, LPG, Avtur dan bisnis ritel migas di Indonesia.

"Selain itu, kedua belah pihak akan menjajaki berbagai bentuk kolaborasi strategis lainnya," kata Nicke, di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Pertamina terus memperluas bisnisnya di luar negeri dan memasarkan berbagai jenis produk seperti bahan bakar, pelumas, LPG, LNG, dan petrokimia.

Pertamina memiliki enam kilang minyak dengan kapasitas produksi 1,1 juta barel minyak per hari (mmbpd). Saat ini, Pertamina juga sedang mengembangkan energi baru dan terbarukan dari berbagai sumber potensial di Indonesia.

Dia melanjutkan, Pertamina berencana untuk mengembangkan kapasitas kilang tambahan 1 juta barel per hari melalui proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) and Grass Root Refineries (GRR).

“Kemitraan dengan ADNOC akan menjadi tonggak penting bagi Pertamina untuk mengamankan pasokan energi dari luar negeri. Minat ADNOC untuk berpartisipasi dalam bisnis migas di Indonesia merupakan dukungan yang sangat berarti bagi Pertamina untuk memastikan availability and accessibility energi," papar Nicke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI