Sukses

Pengusaha Hotel Tak Mau Berbagi Beban Turunkan Harga Tiket Pesawat

Sejak harga tiket pesewat melambung industri pariwisata sudah tertekan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mencari cara untuk menyediakan tiket pesawat murah setiap hari bagi masyarakat. Selain menyediakan tiket murah di hari dan jam tertentu, pemerintah juga meminta agar Kementerian Pariwisata yang berkaitan dengan industri pariwisata untuk sama-sama menanggung beban penurunan harga tiket pesawat.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, menolak untuk keterlibatan industri pariwisata sebagai langkah dalam menurunkan tarif tiket pesawat. Sebab, sejak harga tiket pesewat melambung industri pariwisata sudah tertekan.

Akibatnya, tingkat keterisian (okupansi) hotel di berbagai daerah mengalami dampak penurunan yang signifikan. Mau tidak mau, kata dia, pelaku usaha perhotelan harus menurunkan harga sewa kamar untuk menarik pelanggan.

"Tanpa diminta, kami sudah turunkan harga. Di lapangan sudah terjadi sejak lama. Itu kita lakukan untuk tingkatkan okupansi," ujar Hariyadi di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Hariyadi menekankan, daripada membebani sektor lain yang sudah menderita, dia mendesak pemerintah untuk bertindak serius membenahi industri penerbangan yang dianggap sudah sangat tidak sehat.

Dia menilai, persoalan utama yang seharusnya menjadi fokus pemerintah adalah menyudahi praktik kartel harga tiket pesawat oleh dua perusahaan besar di sektor penerbangan.

"Kalau melihat kondisi sekarang, kita khawatir ke depan akan lebih buruk. Tidak ada persaingan di industri penerbangan kita. Sebanyak 97 persen penerbangan dikuasai Garuda dan Lion beserta anak usaha mereka. Ini yang membuat harga menjadi tinggi," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Keran Persaingan

Sebelumnya, Haryadi menyarankan pemerintah dapat membuka keran persaingan usaha pada industri penerbangan udara. Ini dilakukan selain untuk menekan harga tiket pesawat, juga memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat.

Dia menilai ada salah satu maskapai asing yang cukup potensial untuk bersaing dengan 2 kelompok besar tersebut. Hanya saja, beberapa rute penerbangan yang diberikan terhadap maskapai itu masih sangat minim. Padahal, dari segi harga bisa bersaing.

"Salah satu calon adalah AirAsia. Penerbangan sebenarnya adalah persaingan sempurna. Karena itu sudah terukur semua. Harga pesawat berapa, tiket berapa," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.