Sukses

Pengamat: Kementan Layak jadi Role Model Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Penghargaan yang diperoleh Kementerian Pertanian (Kementan) dari OpenGov Asia membuktikan bahwa instansi pemerintah tersebut serius melakukan reformasi birokrasi.

Liputan6.com, Jakarta Penghargaan yang diperoleh Kementerian Pertanian (Kementan) dari OpenGov Asia membuktikan bahwa instansi pemerintah tersebut serius melakukan reformasi birokrasi.

Hal itu disampaikan pengamat kebijakan publik Digipol Strategic Indonesia, Nur Fahmi BP, Minggu (21/7/2019).

Guna diketahui, OpenGov Asia mengganjar Kementan dengan penghargaan pada 18 Juli lalu sebab dinilai berinisiatif memanfaatkan teknologi mendukung optimalisasi kerja, meningkatkan pelayanan masyarakat serta mampu inovatif dengan terobosan baru.

Pemberian penghargaan ke Kementan dilakukan saat pertemuan tahunan Indonesia OpenGov Leadership Forum ke-4.

Penilaian dilakukan oleh tim teknis independen dan tanpa pemberitahuan. Tim teknis independen menganggap Kementan mampu mempercepat pembangunan pertanian.

Menurut Nur Fahmi, semua kesimpulan penilaian tersebut selayaknya patut ditiru oleh kelembagaan lain, khususnya pemerintah.

"Ini yang dibutuhkan dalam perubahan birokrasi pemerintahan. Kementan cepat tanggap. Mengerti apa yang dibutuhkan publik sesuai zamannya untuk meningkatkan kualitas kerja," ujar Nur Fahmi.

Nur Fahmi menuturkan, kemampuan Kementan dalam mewujudkan reformasi birokrasi yang makin lebih baik bakal mendongkrak citra pemerintah.

Oleh sebab itu, Nur Fahmi berpendapat, Kementan punya andil utama terhadap mutu kerja pemerintah di mata publik. Selain itu, target peningkatan hasil pertanian juga dapat terwujud sebab lingkungan kelembagaan Kementan telah cukup bagus.

Nur Fahmi mengungkapkan, keberhasilan reformasi birokrasi Kementan juga akan menutup segala ruang kecurangan yang dapat menghambat kemajuan pertanian nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.