Sukses

Bank Mandiri Klaim Saldo Semua Nasabah Telah Normal

Bank Mandiri memastikan semua saldo nasabah sudah kembali normal setelah sebelumnya ada gangguan sistem di perusahaan

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), Kartika Wirjoatmodjo memastikan bahwa rekening nasabah akan aman dan kembali seperti semula pada hari ini. Pihaknya pun telah melayangkan permintaan maaf bagi sejumlah korban yang merasakan lenyapnya saldo secara drastis di bank milik BUMN tersebut.

Dihubungi secara terpisah, Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas mengatakan, insiden hilangnya saldo sejumlah nasabah Perseroan telah dipastikan selesai pada hari ini.

"Sudah reda, sudah reda (masalahnya)," tuturnya kepada Liputan6.com, Minggu (21/7/2019).

Rohan pun menjelaskan, jika masih ada para nasabahnya yang mengalami gangguan serupa, masyarakat dapat datang langsung ke kantor Bank Mandiri yang buka pada weekend (hari libur) seperti halnnya pada hari ini.

"Persyaratanya tinggal nomer rekening saja cukup. Atau bisa juga menghubungi call centre, instagram, email, dan website resmi Bank Mandiri," terangnya.

Saksikan video terkait di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Terganggu, BI Minta Nasabah Bank Mandiri Tetap Tenang

Bank Indonesia (BI) menanggapi persoalan yang tengah dialami Bank Mandiri terkait gangguan sistem yang menyebabkan adanya perubahan pada data 10 persen nasabahnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan BI saat ini terus berkoordinasi dengan Bank Mandiri untuk tetap mengutamakan perlindungan konsumen.

"Saya dapet informasi sekarang Bank Mandiri sedang dilakukan recovery, kita tunggu saja. Yang jelas harus mengutamakan perlindungan konsumennya. Jadi nasabah tetap tenang dan jangan termakan informasi yang menyesatkan," ungkap Onny di Medan, Sabtu (20/7/2019).

Onny menegaskan, sebagai Bank Buku IV, dia meyakini Bank Mandiri memiliki mitigasi resiko dan sistem pengaduan yang sudah menjadi SOP perusahaan.

Berbicara soal sistem perbankan, Onny mengatakan setiap bank selalu memiliki data nasabah yang ditempatkan tidak dalam satu server. Dengan demikian jika salah satu ada permasalahan bisa dibackup dengan server lainnya.

BI juga mengapresiasi upaya Bank Mandiri yang langsung menginformasikan persoalan ini kepada masyarakat dan nasabahnya.

"Kejadiannya tadi pagi, Bank Mandiri juga memberikan statement kalau data dan uang nasabah aman. Jadi ini meminimalisir informasi menyesatkan, bagus sekali," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saldo Nasabah Hilang, Ini Penjelasan Bank Mandiri

Bank Mandiri mengungkapkan penyebab terjadinya gangguan sistem yang menyebabkan adanya perubahan pada data 10 persen nasabahnya. Hal ini disampaikan oleh Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Nafas.

Dia mengatakan, perubahan tersebut terjadi saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi error pada data saldo 10 persen nasabah Bank Mandiri.

"Hasil investigasi sementara, semacam defect di hardware, salah satu hardware. Memory defect lah. Jadi dia tidak bisa, error. Jadi saldo-saldo ketukar antara nasabah A, nasabah B," kata dia, di Plaza Mandiri, Jakarta, Sabtu (20/7).

Bank Mandirimemperkirakan gangguan sudah terjadi sejak dini hari. Hanya memang komplain baru muncul di pagi hari, ketika masyarakat mulai ramai melakukan transaksi.

"Ini kalau secara teknis. proses backup itu akhir hari, Tengah malam. Mungkin jam dua pagi (dini hari) sebetulnya masalah ini sudah terjadi," ujar dia.

"Tetapi mungkin orang tidak bertransaksi di jam-jam tersebut jadi masalah ini. baru sekitar jam 8 pagi mulai banyak yang komplain," tandasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.