Sukses

Kemarau Panjang, Harga Cabai dan Sayur Merangkak Naik

Harga cabai merah di Pasar Pondok Gede terpantau melambung.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai merah kembali merangkak naik di pasar tradisional Pondok Gede, Bekasi. Kali ini kisaran harga cabai merah di pasar tersebut mencapai Rp 70 ribu per kilogram (kg).

Hal ini diungkapkan oleh Ali (35) salah satu pedagang yang ada di pasar tradisional tersebut. Menurut pengakuannya, harga cabai ini belum turun ke harga normal karena menipisnya stok akibat musim kemarau yang melanda.

"Harganya jadi tinggi lagi semenjak masuk musim kemarau, Di sananya (petani) pada kering jadi pasokannya menipis," kata Ali saat ditemui Liputan6.com, Jumat (19/7/2019).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pedagang lainnya, Johan. Saat ini, cabai merah di warungnya juga dijual Rp 70 ribu per kg. "Belum turun-turun juga paling sampai lebaran Haji," ujarnya.

Selain cabai merah, ternyata harga sayur mayur lainnya pun turut mengalami kenaikan. Kenaikan yang signifikan terpantau dialami oleh Buncis dan Terong.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Sayur Mayur Juga Ikut Naik, Sedangkan Harga Bawang Turun

Berdasarkan pengakuan Ali, biasanya harga sayur buncis hanya dijual sekitar Rp 15 ribu per kg, tapi sekarang menjadi Rp 20 ribu per kg. Harga terong pun juga sama, sebelumnya hanya Rp 12 ribu per kg, namun saat ini harganya naik menjadi Rp 12 ribu per kg.

"Pokoknya semenjak musim kemarau, harga-harga sayuran semua naik, cuma beberapa sayuran aja yang normal kayak kentang dan labu," jelas Ali.

Sementara itu, harga bawang merah dan putih terpantau turun dan cenderung stabil dikisaran Rp 32 ribu serta Rp 35 ribu per kg.

Sedangkan untuk harga tomat terpantau sudah stabil di harga Rp 10 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.