Sukses

Mengapa Harus Siapkan Dana Pensiun Sejak Umur 20 Tahun?

Inilah alasan kenapa menyiapkan dana pensiun itu harus dari umur 20 tahun

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya, Anda mungkin telah begitu leluasa dalam mengelola keuangan Anda selama ini. Gaji cukup akan mendukung memenuhi berbagai kebutuhan hidup dengan lebih baik, termasuk menetapkan sejumlah tujuan di dalam keuangan Anda.

Di antara berbagai komponen penting di dalam keuangan, dana pensiun menjadi salah satu yang wajib Anda adakan sejak awal, bahkan sedari muda. Dana pensiun merupakan dana yang akan Anda gunakan untuk melanjutkan hidup di masa tua nanti, setelah Anda tidak produktif dan memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Jumlahnya tentu besar, mengingat dana ini baru akan digunakan puluhan atau belasan tahun yang akan datang. Artinya, Anda akan membutuhkan waktu yang panjang untuk menyiapkan dana ini dalam jumlah yang cukup, bahkan bisa saja selama Anda bekerja.

Pastikan Anda memahami hal ini dengan baik dan mulai mempersiapkan dana pensiun Anda sejak sekarang. Selain itu, inilah alasan kenapa menyiapkan dana pensiun itu harus dari umur 20-an tahun, seperti dikutip dari Cermati.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Fakta Orang di Usia 20-an Tahun

Bagi yang masih berusia 20-an tahun, masih memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan dana pensiun Anda. Pada usia ini Anda sangat mungkin masih lajang dan belum memiliki tanggungan, sehingga bisa leluasa mengalokasikan lebih banyak uang ke pos tabungan.

Semakin cepat dan banyak dana yang Anda kumpulkan, maka ke depannya beban tabungan dana pensiun yang akan Anda kumpulkan tentu akan semakin ringan. Untuk mempermudah Anda dalam mengelola keuangan, Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan pola 50-30-20.

Anda bisa memakai 50 persen penghasilan Anda untuk memenuhi kebutuhan pokok bulanan Anda, seperti: makan, transport, tempat tinggal. 30 persen bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hiburan dan hal lainnya di luar kebutuhan pokok, sedangkan 20 persen lainnya bisa Anda alokasikan sebagai dana tabungan. 

Dana tabungan ini sudah bisa mencakup pembayaran dana pensiun dan juga dana darurat Anda. Namun pastikan Anda tidak menggabungkan dana pensiun dengan dana darurat, sebab kedua komponen ini memiliki fungsi yang berbeda.

Tentu saja, dana pensiun bukanlah dana yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan di luar peruntukannya. Selain itu, belajarlah dan lakukan juga kegiatan investasi di dalam keuangan secara agresif, agar keuangan Anda lebih kuat dan mapan di masa yang akan datang.

Investi saham menjadi pertimbangan tepat, sebab Anda memiliki waktu yang cukup panjang untuk menunggu hingga investasi ini berhasil dan maksimal.

3 dari 5 halaman

2. Fakta Orang di Usia 30-an Tahun

Pada usia 30-an tahun, kemungkinan Anda sudah menikah dan memiliki tanggungan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kondisi keuangan, di mana Anda memiliki jumlah pengeluaran dan juga kebutuhan yang lebih tinggi.

Anda harus lebih jeli dan mengelola keuangan dengan ketat, sehingga penghasilan yang diperoleh bisa memenuhi semua kebutuhan Anda dan juga keluarga dengan baik. Mulailah menerapkan pola hidup yang lebih hemat, agar Anda tetap bisa menabung setiap bulannya.

Anda juga bisa mencari pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan sejumlah pendapatan tambahan di dalam keuangan Anda. Upayakan tetap menabung untuk kebutuhan dana pensiun Anda setiap bulannya.

Meski cukup sulit dilakukan karena tingginya kebutuhan hidup keluarga Anda, tetap saja ini harus jadi prioritas. Selain itu, alokasikan juga tabungan Anda ke dalam investasi saham, sehingga kelak Anda bisa mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut.

4 dari 5 halaman

3. Fakta Orang di Usia 40-an Tahun

Jika Anda sudah mulai menabung sejak usia 20-an atau 30-an, maka di usia 40-an ini Anda tentu sudah memiliki cukup dana pensiun dan hanya perlu menambahnya dengan lebih mudah, hingga akhirnya jumlahnya bisa memenuhi kebutuhan dana pensiun Anda dengan tepat.

Kondisi ini tentu akan membuat Anda lebih nyaman dan tenang, apalagi jika investasi yang Anda lakukan juga sudah berjalan dan menghasilkan. Namun meski Anda baru akan mulai mempersiapkan dana pensiun di usia 40-an ini, Anda tetap harus optimis dan berupaya lebih keras untuk mamulainya saat ini juga.

Bekerjalah dengan lebih baik dan kumpulkan lebih banyak uang, sehingga ada lebih banyak uang yang bisa Anda alokasikan sebagai dana pensiun. Jangan lupa untuk mengatur keuangan dengan ketat, mencatat semua pengeluaran Anda.

Lakukan investasi sebanyak mungkin dan pastikan Anda memilih instrumen yang tepat, sehingga kegiatan keuangan ini bisa memberikan keuntungan.

 

5 dari 5 halaman

Masih Enggan Siapkan Dana Pensiun?

Bayangkan Masa Tua Anda

Dana pensiun merupakan salah satu tujuan keuangan yang wajib untuk Anda adakan di dalam keuangan. Jangan menundanya, sebab dana ini cukup besar dan Anda akan membutuhkan waktu yang panjang untuk menyiapkannya dalam jumlah yang tepat.

Segera mulai dan siapkan dana pensiun Anda sekarang, lakukan langkah yang tepat, termasuk kegiatan investasi yang memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.