Sukses

Ini Dia 5 Langkah Berhemat di Akhir Pekan!

Ada cara hemat menghibur diri di akhir pekan yang bisa kamu lakukan, kok! Ini dia lima caranya.

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan memang waktu yang ditunggu-tunggu banyak orang. Mereka bisa rehat sejenak dari segala urusan yang ribet, serta pekerjaan.

Namun, kamu tentunya tak mau boros di akhir pekan hanya karena bisa bersantai dan menikmati waktu, kan?

Ada cara hemat menghibur diri di akhir pekan yang bisa kamu lakukan, kok! Ini dia lima caranya menurut Swara Tunaiku!

1. Ke Mal, Makan Dulu Sebelum Pergi

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan pada akhir pekan adalah nongkrong di mal. Nah, agar bisa lebih hemat, tak ada salahnya kamu makan dulu sebelum pergi.

Hindari berbelanja di luar karena biasanya harga makanan yang dijual di mal cukup mahal dan sering kali makanan tersebut tak akan habis karena kamu hanya lapar mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tak Harus Jalan-jalan ke Mal

Siapa bilang akhir pekan selalu harus berakhir di mal? Meski ini adalah salah satu tempat tujuan masyarakat kota, tapi kamu tak harus mengikutinya.

Kamu bisa menghabiskan waktu akhir pekan dengan melakukan hal lain yang lebih hemat dan bermanfaat. Misalnya, jalan-jalan di sekitar taman rumah atau mengunjungi museum.

3. Ke Tempat Wisata? Survei Dulu!

Meski begitu, tetap saja ada yang memilih untuk berkunjung ke tempat wisata ketika akhir pekan. Meski tak setiap akhir pekan dilakukan, tapi hal ini juga bisa membuat kantongmu bolong. Ada baiknya, sebelum mau pergi, lakukan dulu survei tempat wisata terdekat yang bisa Anda kunjungi.

Cari tahu informasi tentang lokasi, rute dan harga serta gambaran tempat wisata yang disajikan. Kalau bisa, pilihlah objek wisata yang harga tiketnya terjangkau. Jangan sampai kamu sudah berangkat ke sana dan terkejut karena harga tiketnya yang mahal. Meski harga tiket masuk murah, bukan berarti tempat wisatanya murahan, ya! Banyak yang bagus, kok!

3 dari 3 halaman

4. Minimalkan Penggunaan Kendaraan Pribadi

Selain memilih tempat wisata yang murah, ada baiknya kamu meminimalkan penggunaan kendaraan pribadi ketika berakhir pekan. Entah itu untuk pergi ke mal, ke taman atau malah benar-benar pergi ke tempat wisata. Cobalah untuk tidak membawa kendaraan pribadi terlebih mobil. Sebab, biaya pengeluaran bisa membengkak untuk bensin dan parkir.

Kamu bisa naik kendaraan umum seperti bus atau malah memanfaatkan aplikasi transportasi daring. Pergi bersama-sama menggunakan taksi daring tentu bisa membuat biaya yang dikeluarkan lebih murah. Kamu juga bisa lebih berhemat dengan memanfaatkan promo yang ditawarkan aplikasi transportasi daring tersebut.

5. Manfaatkan Promo untuk Menonton Bioskop

Sedang ada film yang ingin kamu tonton di akhir pekan ini? Kalau begitu, tontonlah. Meski harga tiket masuk nonton bioskop cukup terjangkau, tapi tak ada salahnya kamu memanfaatkan promo untuk menonton bioskop. Ada banyak promo yang bisa kamu dapatkan, kok! Misalnya saja buy 1 get 1.

Ini tentunya sangat membantu kamu yang mau liburan bersama orang terkasih. Selain itu, tak usah tergoda untuk menggunakan layanan premium dari bioskop. Sebab, biaya yang harus kamu keluarkan tentunya akan jauh lebih mahal. Tahan juga untuk membeli popcorn atau makanan lain di bioskop sebab biasanya harganya jauh lebih mahal.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan bila ingin menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan, tapi tidak menguras kantong. Jadi, akhir pekan seru itu juga bisa hemat, kok!

Selain cara itu, bagi kamu yang benar-benar ingin hemat, bisa menghabiskan waktu di rumah saja dengan nonton film dari DVD atau santai dengan ajak teman nongkrong di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.