Sukses

Harga Emas Tertekan Kenaikan Saham Global

Pelaku pasar akan melihat pandangan the Fed mengenai perang dagang dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi untuk menentukan arah harga emas ke depannya.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas di pasar spot tertekan pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta) karena kenaikan bursa saham global. Investor cukup optimistis melihat data ekonomi China.

Mengutip CNBC, Selasa (16/7/2019), harga emas di pasar spot turun sekitar 026 persen menjadi USD 1.411 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka naik 0,1 persen menjadi USD 1.413 per ounce.

Pertumbuhan ekonomi kuartal kedua China turun ke level terendah dalam 26 tahun di angka 6,2 persen. Meskipun turun tetapi angka tersebut sesuai dengan prediksi analis.

Beberapa data-data lain seperti produksi industri, penjualan ritel dan investasi di perkotaan sesuai dengan ekspektasi pelaku pasar.

"Pasar saham melihat data ini secara positif dan beberapa investor mulai memindahkan risiko investadi ke luar emas," jelas Bart Melek, analis TD Scurities di Toronto.

Bursa saham dunia naik ke level tertinggi dalam 18 bulan setelah keluarnya data-data ekonomi dari China tersebut. Tentu saja, kenaikan bursa saham tersebut memberikan tekanan kepada harga emas.

Sementara, dolar AS menguat terhadap beberapa mata uang utama dunia. Penguatan ini memberikan beban kepada emas karena investor harus mengeluarkan uang yang lebih banyak jika bertransaksi dengan mata di luar dolar AS.

"Dolar AS nampaknya telah mendapat beberapa dukungan dan hal tersebut menjadi beban bagi harga emas," kata Tai Wong, analis BMO.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

The Fed

Investor tengah menunggu data lain pada pekan ini. Data-data tersebut antara lain penjualan ritel AS dan produksi industri. Hal tersebut untuk melihat pertumbuhan ekonomi negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed) merilis Beige Book pada Rabu nanti. Pelaku pasar akan melihat arah kebijakan bank sentral dari laporan tersebut.

Selain itu, pelaku pasar juga akan melihat pandangan the Fed mengenai perang dagang dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.