5 Presiden AS Terkaya Sepanjang Zaman

Oleh Tommy Kurnia pada 17 Jul 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2019, 00:13 WIB
Kembang Api di Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Liputan6.com, Washington D.C. - Presiden pertama Amerika Serikat (AS) George Washington merupakan salah satu orang terkaya di masanya. Ia tak sendiri, banyak presiden AS setelahnya yang memiliki kekayaan signifikan.

Kekayaan Presiden Washington berasal dari warisan bapaknya yang memiliki lahan yang luas. Kekayaan para presiden terkaya AS rata-rata juga berasal dari warisan.

Ada juga presiden AS yang kaya raya berkat usaha sendiri, seperti Presiden Hobert Hoover yang memiliki beberapa tambang perak di Burma. Presiden Bill Clinton juga mendapat kekayaan signifikan lewat penjualan buku dan biaya pidato.

Tetapi, mayoritas presiden terkaya AS memang berkat uang warisan keluarga. Berikut 5 presiden terkaya AS sepanjang masa seperti dilansir VOA News:

2 of 7

5. Theodore Roosevelt

Presiden ke-26 Amerika Serikat Theodore Roosevelt
Presiden ke-26 Amerika Serikat Theodore Roosevelt (Biography.com)

Puncak kekayaan: USD 139,7 juta

Masa jabatan: 1901-1909 (Partai Republik)

Theodore 'Teddy' Roosevelt mewariskan harta cukup besar dari orang tuanya. Ia pun tak repot-repot untuk menambah kekayaan lagi.

Ia terjun politik sejak usia 23 tahun di negara bagian New York. Sepanjang hidupnya, ia fokus mengabdi di pelayanan publik.

Roosevelt yang pada masa kecilnya sakit-sakitan juga hobi berpetualang. Gayanya yang maskulin pun memberikannya citra bagai seorang koboi.

3 of 7

4. Thomas Jefferson

Presiden AS ke-3 Thomas Jefferson
Presiden AS ke-3 Thomas Jefferson (vox)

Puncak kekayaan: USD 236,6 juta

Masa jabatan: 1801-1809 (Partai Demokrat-Republikan)

Sebagai salah satu Founding Fathers AS, Jefferson juga berasal dari keluarga kaya raya. Ia mewarisi tanah seluas 1.200 hektar di Charlottesville, Virginia, dari abapknya.

Ia kemudian menambah 809 hektar tanahnya untuk membangun rumahnya yang fenomenal, yaitu Monticello yang kini terbuka untuk turis.

Walau kehidupannya bergelimang harta, Jefferson diketahui sebagai sosk yang boros. Ia pun penuh utang ketika wafat.

4 of 7

3. George Washington

George Washington
Presiden pertama Amerika Serikat George Washington. (History.com)

Puncak kekayaan: USD 587 juta

Masa jabatan: 1789-1797 (Presiden Pertama)

George Washington mewariskan bisnis perkebunan dari saudara tirinya. Perkebunan itu berlokasi di Mount Vernon, Virginia. Sejarah mencatat hubungan keduanya amat erat.

Gaji Presiden Washington juga amat besar, yakni setara 2 persen total anggaran AS pada saat itu. Selain dikenal sebagai tentara dan politisi, Presiden Washington pun dikenal sebagai pebisnis yang andal.

5 of 7

2. John F. Kennedy

PHOTO: Ini Gaya Presiden RI Sukarno yang Berpeci dan Berkacamata Hitam
Presiden Amerika John Kennedy menunjuk Presiden Republik Indonesia Sukarno saat mereka duduk di mobil terbuka sesaat sebelum berangkat di Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Washington, 24 April 1961. (AP Photo)

Puncak kekayaan: USD 1,1 miliar

Masa jabatan: 1961-1963 (Partai Demokrat).

Presiden muda yang juga sahabat Presiden Soekarno ini ternyata berasal dari keluarga yang kaya raya. Bapak dari Presiden John F. Kennedy adalah salah satu orang terkaya di AS.

Asal kekayaan keluarga Kennedy adalah dari perbankan dan investasi. Istri Presiden Kennedy, Jaqcueline (Jacky), juga berasal dari keluarga kaya raya yang berbisnis minyak. 

Kennedy aktif di politik bersama tiga adiknya: Bobby dan Ted Kennedy. Hingga kini, keluarga Kennedy masih aktif di kancah politik AS.

6 of 7

1. Donald Trump

Presiden Donald Trump di Oval Office
Presiden Donald Trump di Oval Office. Dok: @realDonaldTrump

Kekayaan saat ini: USD 3,1 miliar

Masa jabatan: petahana (Partai Republik)

Donald Trump adalah konglomerat pemimpin Trump Organization. Ia juga presiden miliarder pertama dalam sejarah AS.

Fokus bisnis Trump pada real estate seperti perhotelan, lapangan golf, dan gedung pencakar langit. Kekayaan sang presiden merupakan warisan dari bapaknya, kemudian Presiden Trump mengembangkan bisnisnya menjadi sebesar sekarang.

Sebagai presiden, Donald Trump menyerahkan operasional bisnis perusahaannya ke dua putranya: Donald Jr. dan Erick. Presiden Trump juga siap maju untuk menjadi presiden di periode kedua.

7 of 7

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓