Sukses

Shopee Latih UMKM Binaan BI Agar Masuk Pasar E-Commerce

Sejalan dengan visi BI memajukan ekonomi digital, Shopee ikut berpartisipasi dengan memberikan business matching dan coaching untuk UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) kembali menggelar pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 pada hari Jumat-Minggu, 12-14 Juli 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan.

Selain memberdayakan UMKM, Pameran KKI 2019 juga bertujuan memaksimalkan platform digital (e-commerce) melalui sejumlah UMKM binaan dari BI. Salah satunya yang terlibat adalah Shopee.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, sejalan dengan visi BI memajukan ekonomi digital, Shopee ikut berpartisipasi dengan memberikan business matching dan coaching untuk UMKM binaan yang hadir.

“Sebagai e-commerce yang beroperasi di Asia Tenggara, Shopee memberikan kesempatan untuk mendorong UMKM Indonesia melakukan ekspor ke beberapa negara di kawasan melalui inisiatif Kreasi Nusantara," tuturnya di JCC, Jumat (12/7/2019).

Dalam Evaluasi Satu Tahun Pelaksanaan Peta Jalan E-commerce Tahun 2017-2019, diakuinya masih adanya isu strategis terkait ekonomi digital yang belum tercantum. Salah satunya mengenai tanggung jawab para pelaku e-commerce untuk melakukan penguatan terhadap UMKM dan produk lokal.

"Oleh karena itu program ini sejalan dengan tema KKI 2019, “Go Export dan Go Digital” dan kami dengan senang hati menyambut keselarasan visi dengan Bank Indonesia ini," ujarnya.

Adapun hingga saat ini terdapat 898 UMKM binaan dan mitra BI, diantaranya 91 UMKM telah menembus pasar ekspor dengan nilai mencapai Rp 1,4 triliun dalam satu tahun terakhir.

Kemudian lebih dari 355 UMKM telah memanfaatkan platform digital dalam pemasarannya serta 173 UMKM telah mendapatkan pembiayaan perbankan.

"Shopee sebagai salah satu e-commerce berharap dapat memberikan dukungan dan solusi bagi para UMKM yang hadir, dan dapat sama-sama menciptakan pertumbuhan ekonomi digital dan terus beradaptasi dengan tren global saat ini”, tutup Handhika.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Buka Pameran UMKM Mitra Binaan BI

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pameran Kain dan Kerajinan Karya UMKM Bank Indonesia (BI) yakni Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta Convention Centre.

Hadirnya Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana Jokowi. Hadir pula dalam acara Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf. Adapun KKI 2019 ini mengusung tema Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital.

"Karya Kreatif Indonesia yang diselenggarakan Bank Indonesia saya nyatakan resmi dibuka," tutur Jokowi di JCC, Jumat (12/7/2019). 

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, selain pembinaan UMKM, BI juga melakukan business matching UMKM dengan memberikan pembiayaan melalui kalangan perbankan untuk mengembangkan bisnis mereka.

"Kita punya 898 binaan umkm dari 46 kantor-kantor di BI. Dari 898 itu sudah 173 dikasih pembiayaan dari perbankan. Terima kasih kawan-kawan perbankan baik himbara dan swasta. Sudah 91 umkm ekspor Ibu Iriana. Itu Rp 1.4 Triliun selama 1 tahun terakhir," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.