Sukses

Harga Cabai di Pasar Tradisional Meroket

Cabai rawit merah naik dari Rp 40 ribu per kg dan bertambah Rp 5 ribu setiap harinya hingga saat ini sudah mencapai Rp 70 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sayuran di pasar tradisional kembali naik. Kali ini, cabai mengalami kenaikan harga yang tidak tanggung-tanggung, yaitu mencapai Rp 70 ribu - Rp 75 ribu per kilogram (kg).

Hal ini diungkapkan oleh salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Kelapa Gading, Mey (50). Dirinya mengakui ada kenaikan tajam untuk cabai segar yang dijualnya sehari-hari.

"Wah, naik sekarang, sudah dari minggu kemarin, sampai sekarang masih ajeg segini harga cabainya," ungkapnya kepada Liputan6.com, Jumat (12`/7/2019).

Jika dihitung dari Juli, harga cabai mengalami kenaikan secara bertahap hingga akhirnya menyentuh angka Rp 70 ribu. Mey mencontohkan, untuk cabai merah keriting yang awalnya Rp 60 ribu per kg, naik bertahap menjadi Rp 70 ribu per kg kemudian Rp 75 ribu per kg.

Untuk cabai merah besar, harga awal dipatok sebesar Rp 70 ribu per kilogram dan bertahan hingga sekarang.

Cabai rawit merah naik dari Rp 40 ribu per kg dan bertambah Rp 5 ribu setiap harinya hingga saat ini sudah mencapai Rp 70 ribu per kg.

Sementara untuk cabai rawit hijau, sekarang berada di angka Rp 75 ribu per kg dari yang awalnya Rp 60 ribu per kg.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembeli Kabur

Kenaikan ini tentu membuat para pembeli kabur, meski tidak seluruhnya, karena bagaimanapun juga cabai tetap dibutuhkan. Namun, para penjual mengaku kesulitan mendapat untung dari harga cabai yang meroket ini.

"Terjual sih, tapi kadang banyak yang nggak jadi beli, kadang beli hanya sedikit, jadi kalau sudah busuk besokannya, ya sudah," ungkap pedagang sayur mayur lainnya, Titi (55) kepada Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Harga Komoditas Lain Tinggi

Harga bawang juga dilaporkan sedang tinggi. Harga bawang merah berkisar antara Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogramnya dan fluktuatif. Sedangkan bawang putih berada di angka Rp 45 ribu hingga Rp 50 per kilogramnya.

Komoditas sayur mayurnya, sama seperti cabai dan bawang, mengalami kenaikan. Kentang dipatok Rp 16 ribu - Rp 18 ribu per kilogram, tomat Rp 15 ribu - Rp 16 ribu per kilogram, timun Rp 10 ribu per kilogram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.