Sukses

Jangan Panik Jika Kartu Debit Hilang, Ini Cara Atasinya

Simak tiga hal yang harus dilakukan saat kartu debit hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan kartu debit tentunya akan membuat hampir semua orang panik. Namun seharusnya hal ini tidak perlu terjadi. Apakah Anda salah satu yang mengalami kehilangan kartu debit?

Jika iya, tenang jangan panik. Lakukanlah kelima hal berikut agar uang Anda tetap tejaga aman meskipun kehilangan kartu debit. Penasaran hal apa sajakah tersebut?

Dilansir dari laman Business Insider, berikut lima hal yang harus Anda lakukan ketika kehilangan kartu debit:

1. Segeralah Periksa Mobile Banking Anda

Jika Anda baru saja kehilangan kartu debit, maka langkah yang pertama yang harus dilakukan yaitu periksalah aktivitas kartu tersebut. Dengan begini, Anda juga bisa langsug melacak keberadaan kartu tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Hubungi Pihak Bank Secepatnya

Jika Anda tidak memiliki mobile banking, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menelpon pihak bank. Buatlah laporan kehilangan pada pihak bank, dan mintalah kepada mereka untuk memblokir akses kartu Anda. Dengan begitu, uang dalam kartu tersebut akan aman hingga Anda mengetahui cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3. Batalkan Pembayaran Automatis

Jika Anda memiliki langganan pembayaran yang langsung memotong saldo di kartu debit, maka segeralah berhentikan pembayaran tersebut. Hal ini dilakukan untuk memudahkan berapa sisa uang yang Anda miliki saat itu dikartu debit tersebut.

Jika Anda telah melakukan ketiga hal tersebut, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu langsung segera ke kantor cabang bank terdaftar untuk melakukan pengamanan lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini