Sukses

Pemerintah Tawarkan Obligasi Ritel SBR007

Penerbitan SBR007 merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SUN ritel

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan penjualan instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel melalui Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR007 kepada investor individu secara online (e-SBN). Adapun minimum pemesanan SBR007 ini mulai dari Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman mengatakan penerbitan SBR007 ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SUN ritel. Di samping itu, juga untuk memperluas basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2019.

"Pertama apa SBR ini apa yang bedakan dengan instrumen lain ini bukan paksaan ini suatu produk. SBR007 itu produk pemerintah untuk biayai APBN. Produk ini Insya Allah aman karena ini dijamin oleh pemerintah," katanya dalam peluncuran SBR007 di Jakarta, Kamis (11/7).

Luky mengatakan, pembukaan masa penawaran seri SBR007 dilakukan mulai hari ini 11 Juli. Selanjutnya, penutupan masa penawaran dilakukan pada 25 Juli mendatang. Penetapan hasil penjualan kepada investor akan dilakukan pada 29 Juli dan setelmen pada 31 Juli.

Dalam penawaran ini, pemerintah memberikan tingkat kupon SBR007 sebesar 7,50 persen untuk periode 3 bulan pertama pada tanggal 31 Juli 2019 sampai dengan 10 Oktober 2019. Di mana pembayaran kupon akan dilakukan setiap tanggal 10 setiap bulannya.

"Kupon tadi ada batas minimal maksudnya jadi waktu ditetapkan kupon 7,5p persen acuannya adalah pada saat BI Rate 6 persen. Apabila suku bunga acuan BI naik maka akan menyesuaikan kenaikannya. Sementara kalau BI Rate turun tidak menyesuaikan artinya masih di angka 7,50 persen," katanya.

 

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keuntungan Investasi SBR007

Luky menambahkan, keuntungan berinvestasi pada SBR007 ini dijamin keamanannya. Sebab SBR ini telah diatur dan dijamin oleh undang undang atas pembayaran kewajibannya. "Ini terjamin aman oleh pemerintah. Silakan bandingkan dengan yang lain," imbuhnya.

Adapun proses pemesanan pembelian SBR007 secara online ini dilakukan melalui 4 tahap. Yakni dengan melakukan registrasi atau pendaftaran, kemudian pemesanan, pembayaran dan setelme atau konfimasi.

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN. kiranya telah memahami Memorandum Informasi SBR007 yang dirilis pada tanggal 9 Juli 2019.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR007 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 20 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online), melalui 20 mitra distribusi.

3 dari 3 halaman

Kepercayaan Investor Tinggi, Obligasi BTN Kelebihan Permintaan

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melaporkan, obligasi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) III tahap II yang telah ditawarkan pada pertengahan Juni lalu meraih minat besar dari para investor dengan nilai penawaran yang masuk sebesar Rp 4,11 triliun.

Perolehan tersebut lebih tinggi dari target indikatif yang diproyeksi akan meraup pendanaan sebesar Rp 3,14 triliun. Tiga seri obligasi PUB III Bank BTN pada tahap kedua ini semua meraih kelebihan permintaan.

"Meskipun kondisi pasar modal masih bergejolak selepas Pemilu Presiden dan kondisi ekonomi global terdampak perang dagang, namun minat dari para investor terhadap obligasi BTN cukup besar karena kinerja kami positif di mata investor," kata Direktur Utama BTN, Maryono lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Untuk seri A, jumlah pokok yang ditawarkan adalah sebesar Rp 1,756 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,75 persen per tahun. Seri A yang jatuh tempo 8 Juli 2020 tersebut mendapatkan kelebihan permintaan sebesar Rp 256,5 miliar dari proyeksi awal sebesar Rp 1,5 triliun.

Sementara Seri B juga tidak kalah peminatnya, dengan jumlah pokok yang ditawarkan mencapai Rp 1,168 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,75 persen per tahun. Perolehan dari seri B yang jatuh tempo 28 Juni 2022 tersebut lebih banyak dibandingkan target awal yang dipatok yakni sebesar Rp 803 miliar.

Kelebihan permintaan signifikan juga diraih obligasi Seri C dengan tingkat bunga tetap sebesar 9 persen per tahun yang akan jatuh tempo 28 Juni 2024, berhasil meraih permintaan sebesar 1,219 miliar. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan yang tercantum di Informasi Tambahan Ringkas yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia pada 12 Juni lalu, yakni sebanyak Rp 835 miliar.

"Faktor yang membuat obligasi BTN cukup menarik adalah tingkat bunga yang ditawarkan, karena saat ini kecenderungan yield SUN bertenor 1 tahun, 3 tahun dan 5 tahun yang menjadi benchmark obligasi PUB III BTN tahap II ini melandai dalam kurun 1 bulan ini," jelas Maryono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Obligasi adalah surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan.

    obligasi

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi