Dikabarkan Dapat Suntikan Modal dari Thailand, Ini Jawaban Gojek

Oleh Bawono Yadika pada 10 Jul 2019, 17:10 WIB
Kunjungi Kantor GOJEK Diplomat Uni Eropa Temui Nadiem Makarim

Liputan6.com, Jakarta Manajemen PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) angkat suara terkait kabar yang berhembus bahwa perusahaan menerima kucuran dana dari pihak asing.

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita belum ingin membeberkan lebih dalam terkait suntikan dana yang diperoleh dari Bank Thailand, yaitu Siam Commercial Bank.

"He-he-he, kalau perihal (suntikan dana) itu dijawab besok ya," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (10/7/2019).

Tak hanya itu, Nila juga masih enggan mengungkapkan berapa besar dana yang diperoleh Gojek oleh bank lokal tertua di negara Thailand tersebut.

"Kami belum bisa jawab dulu," kata dia.

 

2 of 4

Gojek Dikabarkan Dapat Suntikan dari Thailand, Berapa Besar?

Kunjungi Kantor GOJEK Diplomat Uni Eropa Temui Nadiem Makarim
Founder and Global CEO GOJEK, Nadiem Makarim (tengah) berbincang dengan Acting Head of the European Union Delegations, Charles-Michel Geurts (kedua kiri) saat menerima kunjungan 16 Diplomat Negara-Negara Anggota Uni Eropa di kantor GOJEK, Jakarta, Kamis (27/6/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, atau yang lebih dikenal dengan Gojek, dikabarkan mendapat suntikan dana dari Siam Commercial Bank.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (10/7/2019), bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Raja Maha Vajiralongkorn diharapkan dapat membantu Gojek untuk mengembangkan layanan keuanganya di Indonesia.

Sementara itu, dari sisi Siam Commercial sendiri akan mengandalkan pertumbuhan transaksi online untuk membantu meningkatkan pendapatan.

Kendati begitu, sumber Bloomberg yang tidak ingin disebut namanya itu belum dapat merinci terkait berapa besar dana yang digelontorkan oleh Siam Commercial Bank kepada Gojek.

 

3 of 4

Ekspansi Pembiayaan Perbankan Asean

Kunjungi Kantor GOJEK Diplomat Uni Eropa Temui Nadiem Makarim
Sebanyak 16 Diplomat Negara-Negara Anggota Uni Eropa berkunjung ke kantor GOJEK, Jakarta, Kamis (27/6/2019). Pada kunjungannya tersebut, Gojek menunjukan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan perekonomian daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seperti diketahui, bank-bank di kawasan Asia Tenggara memang tengah gencar bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi yang memasuki wilayah mereka. Itu seperti penawaran layanan keuangan mulai dari pembayaran digital hingga pinjaman online.

Sebelumnya, Kasikornbank Thailand telah mengucurkan dana sebesar 50 juta dollar Amerika Serikat (AS) untuk pesaing Gojek yaitu Grab. Adapun kedua belah pihak sepakat untuk untuk membangun dompet elektronik bersama.

Sebagai informasi, didirikan lebih dari seabad yang lalu oleh kerajaan, Siam Commercial Bank adalah bank lokal tertua di Thailand. Adapun suntikan dana kepada GoJek kali ini merupakan bagian dari pendanaan seri F GoJek yang sedang berlangsung.

Gojek telah mengumpulkan lebih dari USD 1 miliar pada penutupan pertama putaran tersebut. Beberapa perusahaan yang telah menanamkan dananya di Gojek antara lain Google Alphabet, JD.com, dan Tencent Holdings, juga Capital Provident.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait