Ingin Jadi Content Creator, Coba Cara Ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 13 Jul 2019, 12:00 WIB
Ilustrasi jadi vlogger

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan zaman, makin banyak jenis pekerjaan baru yang bisa kamu geluti. Pekerjaan tersebut mungkin bahkan tak pernah hadir di pikiran kamu sebelumnya. Beberapa contoh pekerjaan tersebut adalah content creator, search engine optimization, dan masih banyak lagi.

Kalau mau jadi content creator, bagaimana caranya? Yuk, ikuti tipsnya dari Swara Tunaiku.

1. Pilih Konten yang Sesuai Passion

Langkah pertama yang bisa kamu jalani untuk menjadi seorang content creator adalah memilih konten yang sesuai dengan passion kamu. Kamu bisa memilih konten beauty, gaming, lifestyle, entertainment, sport, hingga traveling. Dengan memilih konten yang sesuai dengan passion, kamu bisa lebih bersemangat dan fokus dalam menjalaninya.

Tentunya, apa yang kamu hasilkan dari itu bisa menginspirasi banyak orang. Ada banyak, kok, content creator yang sangat keren di bidangnya. Misalnya, Abel Cantika dari konten beauty, Reza Oktavian dari konten gaming, dan masih banyak lagi.

2. Buatlah Karya Original

Ada banyaknya, kamu membuat karya yang orisinal. Meskipun kamu harus memulai dari 0 subscriber atau 0 followers, tetap gunakan karya orisinal dan bukan milik orang lain. Hal ini bisa menarik banyak orang untuk menyukai konten yang kamu miliki ke depannya. Di luar sana, ada banyak hal unik yang bisa kamu jadikan konten.

Misalnya, kamu bisa memilih membuat konten tentang seorang perempuan berkulit sawo matang dan cenderung gelap, kamu bisa memasukkannya ke konten beauty and fashion untuk ‘perempuan’ dengan kategori tersebut. Kunci semuanya ini adalah kamu harus bisa menemukan sisi unik dalam diri kamu dan menjadikannya karya yang orisinal.

2 of 3

3. Perbaharui Tren Terbaru

Sederet Beauty Vlogger Indonesia yang Menginspirasi
Ilustrasi beauty vlogger. (via: buduaar.ee)

Menjadi content creator menuntut kamu untuk selalu melakukan pembaruan dengan perkembangan tren saat ini. Kamu bisa membahas berbagai hal yang hangat dibicarakan semisal cara editing foto yang terbaru atau mengikuti tantangan yang sedang viral di dunia maya.

Dengan membuat konten yang selalu up to date dan terkini, akan lebih memudahkan konten kamu dikenal banyak orang. Kalau sudah begini, mendapatkan followers dan subscriber akan lebih mudah.

4. Jangan Malu Mengintip Konten Orang Lain

Mengintip konten orang lain tak ada salahnya. Namun, tujuan kamu mengintip ini bukan untuk plagiat, ya! Melainkan hanya untuk referensi saja. Melihat konten orang lain bahkan sebenarnya bagus untuk jadi acuan kalau dirimu bisa membuat konten yang lebih baik dari itu.

Dengan melihat konten orang lain, kamu bisa tahu apa yang sedang hits dan ini bisa jadi memotivasi diri kamu. Kamu juga bisa mempelajari berbagai hal-hal baru dengan cara ini. Ingat, kreatif itu ada banyak caranya. Salah satunya adalah melihat sesuatu yang sudah ada dan membuat inovasi terbarunya.

3 of 3

5. Multitasking

laptop
Ilustrasi laptop (iStockPhoto)

Ada baiknya, bila kamu mau jadi content creator yang baik, bisa multitasking. Kamu bisa belajar edit video, belajar mengoperasikan kamera, memotret, mengatur feed Instagram, dan masih banyak lagi. Dengan keahlian yang banyak ini, kamu bisa mendukung personal branding konten kamu.

6. Konsisten

Hal yang wajib dimiliki setiap content creator adalah konsistensi. Ini adalah tantangan terberat yang harus kamu jalani dalam berkarya. Mulailah atur diri kamu dengan lebih teratur dalam update konten. Misalnya, kamu bisa update 1 video seminggu dan 4 kali posting foto di waktu tersebut. Kalau perlu, adakan juga giveaway dalam waktu yang konsisten.

Itulah langkah yang bisa kamu terapkan bila mau jadi content creator yang sukses. Tak terlalu susah asal kamu bisa kreatif dan mau mencoba. Satu lagi, konsistensi adalah hal yang perlu. Jangan baru mulai dan hadapi kesusahan, sudah menyerah!

Lanjutkan Membaca ↓