Sukses

Cuma Punya Modal Rp 20 Juta? Coba 4 Instrumen Investasi Ini

Kamu bisa cek beberapa rekomendasi investasi dengan modal kurang dari Rp 20 juta

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dimungkiri bahwa investasi memang sangat menguntungkan. Meski modal yang kamu miliki kecil, kamu bisa, kok, bergabung investasi ini. Ada banyak investasi yang bisa kamu jalankan dengan modal sekitar Rp20 juta atau bahkan di bawahnya. 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek beberapa rekomendasi investasi dengan modal kurang dari Rp20 juta dari Swara Tunaiku di bawah ini!

1. Reksa dana

Salah satu investasi yang bisa kamu lakukan dengan modal kecil adalah reksa dana. Tak sampai Rp20 juta, bahkan kamu bisa memulai investasi ini dengan uang hanya Rp 100 ribu saja. Sebab, reksadana ini adalah kumpulan dana dari banyak pemodal sehingga bisa menghasilkan efisiensi biaya transaksi yang cukup besar.

Bisa dibilang, reksa dana ini adalah wadah pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi. Instrumen investasinya cukup banyak, seperti saham, obligasi, dan masih banyak lagi. Untuk pemula, investasi reksadana ni sangat baik karena minim risiko.

Ada banyak pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari sini. Bila modal yang kamu miliki besar, tentunya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi reksa dana ini juga makin besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Deposito

Selain reksadana, dengan uang sekitar Rp20 juta kamu juga bisa investasi deposito. investasi ini juga minim risiko dan tak ribet dibandingkan jenis investasi yang lainnya. Tentu saja, agar aman dan kamu terjauh dari yang namanya risiko, kamu harus mencari bank yang telah berada di naungan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia atau OJK.

Bank yang terdaftar di OJK ini sudah pasti aman karena diawasi dengan baik. Selain memilih bank yang terdaftar di OJK, ada baiknya kamu juga memilih banyak yang menawarkan bunga deposito yang tinggi. Pasalnya, setiap bank itu menerapkan bunga deposito yang berbeda. Makin tinggi bunganya, makin besar keuntungan kamu.

3. Investasi Emas

Jenis investasi lain yang bisa kamu lakukan meski uang yang kamu miliki hanya Rp20 juta adalah investasi emas. Investasi yang satu ini pun minim risiko asal kamu bisa menyimpannya dengan benar. Kamu bisa membeli emas dari uang Rp20 juta yang kamu miliki lalu menyimpannya dan jual kembali bertahun-tahun kemudian.

Kamu harus tahu bahwa harga emas terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tak ada ceritanya harga emas mengalami penurunan. Kamu bisa memilih emas dalam bentuk perhiasan atau bentuk batangan untuk keuntungan yang maksimal. Kalau sudah beli, kamu hanya perlu memikirkan di mana tempat yang aman untuk menyimpan emasmu.

3 dari 3 halaman

4. Saham

Selain itu, tak ada salahnya kamu coba berinvestasi saham. Modal yang dibutuhkan untuk investasi saham ini tak perlu besar, kok! Bahkan, dengan modal sekitar Rp5 juta saja, kamu sudah bisa membuka rekening broker saham dan ikut berinvestasi di sana. Hanya saja, kamu harus pintar ketika berinvestasi saham ini.

Jangan terpaku hanya pada satu jenis saham saja. Cobalah berinvestasi di banyak saham untuk meminimalkan risiko. Yup! Investasi yang satu ini risikonya lumayan bila kamu salah perkiraan. Sebab, harga saham bisa berubah kapan saja. Dengan mengalokasikannya ke banyak perusahaan saham, setidaknya bila ada rugi satu, kamu bisa untung dari yang lain.

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa kamu lakukan dengan modal minim. Tak sampai Rp20 juta pun, kamu sudah bisa mulai investasi di beberapa jenis investasi di atas. Investasi ini sangat bermanfaat untuk kamu ke depannya. Setidaknya, kamu masih punya simpanan bila sewaktu-waktu diperlukan. Nilai yang didapat pun juga lumayan, lo! Jadi, cobalah!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini