Mau Tekuni Profesi di Bidang Teknologi Informasi? Lakukan Hal Ini Dulu!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 16 Jul 2019, 10:00 WIB
Perusahaan IT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia memang sudah berubah dan berkembang. Kini, kamu bisa memilih profesi apa saja sesuai dengan hobi dan keahlian. Salah satu bidang yang bisa kamu jalani adalah teknologi informasi.

Ada banyak profesi di sini yang bisa kamu lakukan. Namun, kalau kamu mau sukses menekuni profesi di bidang teknologi informasi ini, ada baiknya terapkan tips dari Swara Tunaiku berikut.

1. Selalu Ikuti Perkembangan Teknologi

Salah satu hal yang harus kamu lakukan bila mau sukses berkarier di bidang teknologi informasi adalah dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Ini adalah modal penting yang harus kamu miliki. Tentunya, sangat naif bila kamu berkecimpung di dunia IT, tapi tak mengetahui bagaimana perkembangan dunia yang digeluti.

Oleh sebab itu, teruslah perbarui informasi di dunia IT yang kamu miliki dengan berbagai cara. Ada banyak media yang bisa mendukung hal ini, kok! Kamu tak hanya bisa memanfaatkan buku dan majalah saja untuk memperbaharui informasi di dunia IT.

2. Aktif dalam Komunitas

Selain itu, cobalah untuk bergabung dalam komunitas para pegiat dan pecinta dunia teknologi informasi. Aktiflah di dalamnya. Dengan aktif di dalam komunitas tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak teman seprofesi dan juga mendapat informasi atau peluang yang bisa mendukung karier sukes kamu di bidang ini.

Selain itu, dalam sebuah komunitas sering yang adanya kopi darat. Tak ada salahnya kamu bergabung di dalamnya. Ketika kopi darat ini, biasanya akan ada diskusi yang berlangsung dan tentu bisa menambah banyak ilmu dan pengetahuan kamu di bidang teknologi informasi. Jalan kesuksesan bila kamu dapatkan dengan lebih mudah kalau begini.

2 of 3

3. Seringlah Mencoba Media IT yang Baru

Ilustrasi IT
Ilustrasi pekerja sebagai ahli perangkat lunak

Dunia memang selalu berkembang. Begitu juga teknologi informasinya. Update teknologi selalu dilakukan untuk mengembangkan bidang tersebut. Cobalah untuk ikut melakukan update terhadap media IT yang baru tersebut.

Ingat, sebagai seorang profesional di bidang IT, kamu dituntut bukan hanya tahu saja, melainkan juga bisa. Cobalah berbagai media IT yang baru misalnya software, operating system, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa memiliki pengetahuan yang lebih dan bisa menerapkannya.

4. Ikuti Pelatihan dan Baca Buku tentang IT

Untuk update pengetahuan kamu di dunia IT, cobalah untuk ikut pelatihan atau baca buku terbaru tentang IT. Kamu memang bisa mendapatkan ilmu tentang IT lewat berbagai cara. Namun, dengan ikut pelatihan, ilmu yang kamu dapatkan bisa lebih banyak. Ada banyak, kok, program pelatihan IT dari lembaga terpercaya di Indonesia yang bisa kamu datangi.

3 of 3

5. Pelajari Internet Marketing

Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Selain itu, cobalah pelajari internet marketing. Eits, internet marketing ini bukan hanya soal penjualan, kok! Namun, di dalamnya juga ada branding. Hanya, untuk melakukan hal ini kamu butuh keuletan dan semangat yang tinggi karena konsistensi yang diperlukan.

Salah satu branding dari internet marketing ini adalah Instagram. Halaman Instagram saat ini kebanyakan memiliki halaman yang terkonsep seperti memiliki tema tertentu, filter, dan lainnya. Kamu bisa bidik peluang di sini untuk branding diri di media sosial yang tentunya bisa mendatangkan keuntungan dan pendapatan untuk dirimu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan bila mau sukses berkarier di bidang teknologi informasi. Dengan mendalami dunia ini, kamu bisa memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja. Ada banyak peluang yang bisa kamu ambil semisal jadi programmer, web developer, DBA, security engineer, dan masih banyak lagi peluang lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓